Wisata ke Penang

Penang (Pulau Pinang) merupakan salah satu negara bagian Malaysia yang terletak di pesisir barat laut semenanjung Malaysia. Di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara, Penang terkenal sebagai wilayah yang kaya akan sejarah dan kebudayaan, namun memiliki fasilitas yang modern. Bentuk bangunan di Penang amat beragam karena adanya pengaruh gaya arsitektur Melayu, Cina, India, dan Eropa. Status Penang sebagai surga wisata kuliner membuat wilayah ini semakin berkembang menjadi destinasi wisata favorit di Malaysia.

Tempat-tempat Menarik di Penang

Wilayah Penang terdiri dari pantai, kebun buah, areal persawahan, perkampungan nelayan, serta kota dengan banyak bangunan kuno dan monumen peninggalan zaman perang. Penang sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara karena kelengkapan jenis wisata yang ditawarkan. Pengunjung Penang umumnya datang untuk melakukan wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata belanja. Tak sedikit pula pengunjung yang datang untuk melakukan wisata alam, wisata budaya dan wisata realigi.

Pada tahun 2009, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Penang mencapai 5,96 orang, terbesar ketiga di Malaysia. Ibukota Penang, Georgetown menjadi salah satu tempat wisata favorit dengan adanya beragam bangunan kuno dengan gaya arsitektur abad pertengahan hingga monumen-monumen peninggalan zaman penjajahan. Wisatawan di Georgetown akan merasa seolah waktu berputar kembali ke tahun 1960-1970an. Tak heran jika kemudian UNESCO menobatkan Georgetown sebagai salah satu situs warisan dunia.

Selain Georgetown, Penang masih menyimpan banyak tempat menarik lainnya. Penang memiliki banyak pantai indah di pesisir Batu Ferringhi, Teluk bahang, dan Tanjung Bungah yang menjadi lokasi dari resort-resort mewah dan hotel ternama. Monkey Beach merupakan salah satu pantai terpopuler di Penang yang terkenal akan airnya yang jernih dan pantainya yang berpasir putih. Bagi para pencinta alam, ada taman kebun bunga (Waterfall Gardens), taman kota (Youth Park), taman nasional, cagar alam, penangkaran kupu-kupu, taman burung, juga perkebunan buah tropis.

Penang juga memiliki pusat perbelanjaan seperti Queensbay Mall, Gurney Plaza, KOMTAR, dan Sunway Carnival Mall bagi para penggemar shopping. Jika ingin berbelanja tanpa perlu menguras isi dompet, pengunjung bisa pergi ke bazaar tradisional dan pasar malam seperti di Chowrasta Market dan Campbell Street. Kios-kios di tempat tersebut menawarkan berbagai jenis barang mulai dari pakaian, elektronik, hingga makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

Akomodasi di Penang

Penang yang kini berkembang menjadi destinasi wisata terbesar ketiga di Malaysia tentunya menyediakan berbagai jenis hotel dan penginapan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi wisatawan. Hotel di Penang bervariasi mulai dari hotel murah dan sederhana hingga hotel mewah bintang 4 dan 5 yang menawarkan hunian berkelas dengan pelayanan yang berkualitas.

Paramount Hotel, Grand Inn, dan Tower Budget Hotel merupakan contoh-contoh hotel murah di Penang dengan tarif di bawah Rp300.000 per malam. Wisatawan dari kalangan menengah ke atas yang ingin bermalam di hotel mewah Penang bisa mengunjungi Eastern and Oriental Hotel, Golden Sands Resort by Shangri-La, atau 23 Lovelane Penang.

Transportasi di Penang

Penang memiliki Bandara Internasional Penang Bayan Lepas yang melayani beberapa rute penerbangan domestik ke Kuala Lumpur, Johor Baru, Kuching, Langkawi, dan Kinabalu serta rute penerbangan internasional ke Jakarta, Surabaya, Medan, Banda Aceh, Singapura, Bangkok, Phuket, Ko Samui, Hong Kong, Makau, Taipei, dan Perth.

Untuk masuk ke Penang melalui jalan darat, wisatawan bisa menggunakan mobil, bus, atau minivan dari berbagai kota di daratan utama Malaysia dan Thailand melalui jembatan Penang. Pengunjung juga bisa masuk melalui pelabuhan Penang dengan menggunakan kapal feri. Bagi wisatawan yang ingin berkeliling di dalam Penang, tersedia berbagai alat transportasi seperti taksi, bus, becak, dan mobil sewaan.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com