The Hairpin Waterbom

Serunya Main Air di Waterbom Jakarta

Jakarta yang terletak di dataran rendah dekat permukaan laut memiliki udara yang panas dengan suhu rata-rata mencapai 33 derajat Celsius di siang hari. Keadaan ini menyebabkan sebagian penduduk Jakarta berbondong-bondong menuju kawasan yang sejuk seperti Puncak atau Bandung saat musim liburan atau akhir pekan. Ternyata, Jakarta juga memiliki tempat rekreasi menyenangkan yang cocok untuk berlindung di tengah cuaca yang panas. Tempat yang dimaksud adalah Waterbom Jakarta.

Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta merupakan sebuah taman rekreasi air (water park) dengan beragam wahana air yang seru dan menegangkan. Taman air yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara ini memiliki desain yang terinspirasi dari alam dengan sedikit sentuhan modern dan minimalis ala ibukota. Mengusung tema Urban Cool, Waterbom Jakarta dianggap sebagai tempat yang cocok untuk menyegarkan diri dan melupakan segala kesibukan plus kepenatan di ibukota.

Begitu memasuki areal Waterbom Jakarta, cuaca panas dan pengap khas kota Jakarta tak lagi terasa. Lingkungan Waterbom Jakarta dilindungi oleh pohon-pohon rindang yang tinggi dan dihiasi oleh taman dan semak hijau yang tertata rapi. Beragam wahana air dan seluncuran terlihat begitu menggoda untuk segera dicoba. Waterbom memiliki 6 wahana air dalam bentuk kolam dan seluncuran serta 4 permainan air yang cocok untuk bersantai, berolahraga, ataupun menguji nyali. Sebelum mencoba berbagai wahana yang ada, pengunjung disarankan mengenakan pakaian renang atau kostum yang sesuai demi kenyamanan dan keamanan masing-masing.

Wahana Air di Waterbom Jakarta

Di bawah ini adalah daftar wahana air yang terdapat di Waterbom Jakarta:

1. Aquatube
Wahana air ini terdiri dari tiga bagian seluncuran – tertutup, setengah terbuka, dan terbuka – yang berahir di kolam dengan kedalaman setinggi dada orang dewasa. Seluncuran ini memiliki ketinggian 14,5 meter dengan panjang sekitar 118 meter. Untuk mencoba wahana ini, pengunjung harus menggunakan ban (tube) tunggal ataupun ganda dengan kapasitas maksimal 2 orang. Kemudian, ban akan meluncur mengikuti lintasan yang berkelok dan berpilin yang berakhir di kolam terbuka. Wahana ini hanya boleh dinaiki oleh pengunjung dengan tinggi badan minimal 140 cm dan berat badan maksimal 182 kg.

Aquatube Waterbom

Aquatube Waterbom

2. Speedslide
Speedslide adalah seluncuran super cepat yang menjulang setinggi 20,7 meter. Kecepatan meluncur di wahana ini bisa mencapai 70 km/jam. Saking cepatnya, meluncur di Speedslide Waterbom Jakarta bisa membuat jantung terasa berhenti berdetak. Namun tak perlu khawatir, karena wahana ini dijamin aman asalkan pengunjung mematuhi petunjuk meluncur yang benar. Terdapat dua seluncuran dengan bentuk lintasan yang berbeda namun berketinggian sama. Seluncuran yang satu tampak terbuka dengan lintasan lurus yang menukik tajam sedangkan seluncuran satunya berbentuk terowongan dengan lintasan yang berbelok. Untuk menambah seru suasana, pengunjung bisa meluncur bersamaan dengan teman dan berlomba untuk menentukan siapa yang tiba lebih awal di ujung lintasan. Wahana ini dikhususkan bagi pengunjung dengan tinggi badan minimal 122 cm dan berat badan maksimal 135 kg.

3. The Whizzard
The Whizzard berada di lokasi yang sama dengan Speedslide. Namun, jangan khawatir karena seluncuran yang satu ini tak akan terasa ekstrim seperti Speedslide. Dengan ketinggian 16,9 meter dan lintasan agak mendatar sepanjang 113 meter, kecepatan meluncur The Whizzard hanya dikategorikan ke dalam tingkat menengah. Terdapat 2 lintasan dengan bentuk, warna, dan jarak yang identik. Setiap calon peluncur harus menggunakan matras (mat) yang telah disediakan sebelum mencoba wahana ini. Hanya pengunjung dengan tinggi badan minimal 107 cm dan berat badan maksimal 135 kg yang diperbolehkan menikmati wahana The Whizzard.

4. The Hairpin
Wahana air yang satu ini menawarkan sensasi yang mirip dengan arung jeram. Pengunjung diharuskan menggunakan ban (tube) khusus yang bisa dinaiki oleh 4 orang sekaligus. Kemudian, dari lintasan setinggi 20 meter, tube akan meluncur, berputar, dan terombang-ambing di lintasan bergelombang yang berakhir di sebuah kolam dengan kedalaman 70 cm. Wahana ini bisa dinikmati oleh 1 sampai 4 orang sekaligus dengan tinggi badan minimal 107 cm dan berat badan gabungan untuk 4 orang maksimal 409 kg.

5. Twizter
Twizter merupakan wahana air unik yang terdiri dari seluncuran setinggi 14,5 meter dan wadah berbentuk cawan raksasa dengan lubang penyedot di tengahnya. Pengunjung yang ingin meluncur di wahana ini wajib mengenakan ban tunggal atau ganda sesuai dengan banyaknya peluncur – ban tunggal untuk pengunjung yang ingin meluncur sendirian dan ban ganda untuk pengunjung yang meluncur secara berpasangan. Dari titik paling atas, ban akan meluncur mengikuti lintasan tertutup sebelum mendarat di cawan kuning raksasa. Kemudian, ban akan tersedot ke dalam lubang di tengah cawan yang menjatuhkan para peluncur ke kolam air di bawahnya. Untuk menikmati wahana ini, pengunjung harus memiliki tinggi badan minimal 144 cm.

Twizter Waterbom

Twizter Waterbom

6. Wild River
Wahana ini cocok untuk mereka yang ingin bersantai atau melepas lelah setelah mencoba berbagai wahana air menegangkan di Waterbom Jakarta. Wild River merupakan kolam berbentuk melingkar sepanjang 345 meter yang dilengkapi dengan arus buatan sehingga mirip seperti sungai. Untuk mengarungi Wild River sambil bersantai, pengunjung bisa menggunakan ban tunggal atau ganda dan berbaring di atasnya. Di beberapa spot, terdapat pancuran air, gelombang, serta arus deras buatan yang memberi beragam sensasi selain mengapung. Perlu diperhatikan bahwa pengunjung tidak diperkenankan berenang di kolam ini. Siapa saja boleh menikmati wahana ini, namun pengunjung di bawah usia 12 tahun disarankan mengenakan jaket pelampung.

Permainan Air di Waterbom Jakarta

Selain wahana air, Waterbom Jakarta juga memiliki beberapa permainan air yang tak kalah menarik. Namun, berbeda dengan wahana air yang bebas digunakan oleh pengunjung, permainan air ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang bersedia mengeluarkan biaya tambahan. Tak perlu khawatir, tarif yang dikenakan untuk mencoba wahana ini tak akan menguras kantong terlalu dalam.
Di bawah ini adalah daftar permainan yang terdapat di Waterbom Jakarta:
1. The Dome
The Dome merupakan sebuah permainan sejenis bungy jumping berbentuk kubah raksasa yang dilengkapi dengan tiang pelontar dan trampolin. Pada permainan ini, peserta bisa melompat dan bersalto hingga setinggi 9 meter. Pengunjung yang ingin mencoba permainan ini harus mengenakan sabuk dan tali pengaman terlebih dahulu. The Dome bisa memuat 4 peserta sekaligus dengan berat badan per orang maksimal 80 kg.

2. Water Blazter
Water Blazter merupakan wahana yang cocok untuk mengukur ataupun melatih kemampuan pengunjung dalam membidik. Peserta diharuskan melempar balon air ke satu titik merah untuk mengalahkan musuh. Jika balon air mengenai sasaran, air akan menyembur untuk membuat musuh basah kuyup.

3. Kayak
Kayak merupakan permainan menaiki perahu karet berbentuk ramping yang dibuat mirip seperti kayak kayu asli. Perahu ini dilengkapi dengan dayung untuk mengarungi Wild River di Waterbom Jakarta. Satu perahu bisa memuat hingga 1 sampai 3 peserta sekaligus.

4. River Cruiser
Sama seperti Kayak, River Cruiser merupakan permainan untuk mengelilingi Wild River dengan menggunakan perahu. Bedanya, River Cruiser hanya bisa dinaiki oleh satu orang karena bentuknya yang lebih kecil. Dilengkapi dengan kayuh bundar di kiri dan kanan lambung, peserta bisa mengarungi Wild River dengan lebih gesit.

Jam Buka Waterbom Jakarta

Senin-Jumat pukul 11.00-21.00 WIB
Sabtu-Minggu dan hari libur pukul 08.00-21.00 WIB

Harga Tiket Waterbom Jakarta

Weekdays (Senin-Jumat)
- Anak-anak Rp100.000
- Pelajar Rp130.000
- Dewasa Rp150.000
Weekend (Sabtu & Minggu)
- Anak-anak Rp150.000
- Pelajar Rp160.000
- Dewasa Rp200.000

Waterbom Jakarta juga mengadakan promo khusus berupa diskon tiket masuk atau tiket gratis dengan pembelian sejumlah tiket. Promo tersebut biasanya berlaku di momen-momen khusus misalnya saat Hari Ulang Tahun DKI Jakarta, perayaan Tujuhbelasan, atau saat Pemilihan Umum Kepala Daerah di Jakarta. Promo khusus juga berlaku bagi pengguna kartu ANZ, BCA, dan pemilik kendaraan Honda.

Hotel Dekat Waterbom Jakarta

Bingung mencari tempat penginapan dekat Waterbom Jakarta? Hotel-hotel di bawah ini mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan akomodasi bagi para calon pengunjung Waterbom Jakarta dari luar kota.
- Favehotel Pluit Junction
- Hotel Aston Cengkareng City
- Sparks Hotel Jakarta
- Aston Pluit Hotel & Residence
- Mercure Jakarta Kota

Image credit Waterbom-jakarta.com

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com