Monumen Nasional

Selamat Ulang Tahun Kota Jakarta…!!

Jakarta, ibukota tercinta dari Republik Indonesia, memasuki usia yang ke-486 tahun pada hari ini, Sabtu, 22 Juni 2013.  Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta, beberapa acara spesial telah dipersiapkan di berbagai wilayah ibukota.

Acara Spesial di Hari Ulang Tahun Jakarta

Car Free Night
Acara Car Free Night atau Malam Bebas Kendaraan yang pertama kali diselenggarakan pada malam perayaan Tahun Baru 2013 akan kembali digelar di Jakarta. Acara Car Free Night akan dimulai pukul 19.00 malam ini di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin dengan batas Bundaran Hotel Indonesia.

Untuk memeriahkan acara Car Free Night malam ini, tersedia 8 panggung hiburan yang tersebar di beberapa titik termasuk di kawasan Monas dan Bundaran HI. Acara hiburan bertajuk Malam Muda Mudi tersebut dihadirkan gratis untuk warga Jakarta. Bermacam pertunjukan dari berbagai aliran musik seperti pop, rock, jazz, akustik, hingga dangdut dan campur sari akan ditampilkan dalam panggung hiburan Car Free Night untuk merayakan ulang tahun ibukota tercinta.

Pesta Kembang Api Pekan Raya Jakarta (PRJ)
Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair yang diselenggarakan setiap tahun untuk merayakan ulang tahun kota Jakarta tentu tak mau ketinggalan dalam menyelenggarakan acara untuk memeriahkan HUT Jakarta. Malam ini, PRJ akan menghadirkan pesta kembang api yang super indah dan meriah. Pesta kembang api bisa disaksikan secara langsung oleh seluruh pengunjung PRJ antara pukul 7 hingga pukul 9 malam.

Tak hanya itu, panggung konser di arena Pekan Raya Jakarta hari ini menampilkan artis, boyband dan girlband yang banyak digandrungi anak muda yaitu Smash, Cherry Belle, Baby Luck, dan Summer Lily.

Gratis Naik Bus Transjakarta dan Masuk Ragunan
Sabtu ini adalah hari yang tepat untuk berkeliling kota Jakarta menggunakan bus Transjakarta. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kota Jakarta, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta memperbolehkan warga Jakarta untuk naik bus TransJakarta secara gratis. Bus Transjakarta dari seluruh koridor (I – XII) berpartisipasi dalam memberikan kado naik bus gratis untuk seluruh warga Jakarta.

Selain Bus Transjakarta, Kebun Binatang Ragunan (Taman Margasatwa Ragunan) juga akan digratiskan dalam rangka memperingati ulang tahun kota Jakarta.

Lomba Maraton Jakarta International 10K
Event yang satu ini memang tidak diselenggarakan bertepatan dengan hari jadi kota Jakarta. Namun, tujuannya tetap sama yaitu merayakan HUT Jakarta. Lomba marathon berlabel Jakarta International 10K akan diselenggarakan pada hari Minggu, 23 Juni 2013 dengan rute sepanjang 10 kilometer melalui Jalan Medan Merdeka Barat, Thamrin, dan Sudirman.

Titik start dan finish lomba marathon ini adalah di Silang Monas barat daya. Peserta yang sudah mendaftarkan diri diharapkan berkumpul antara pukul 04.30 hingga 06.15. Perlombaan akan dimulai tepat pukul 6.30 pagi.

Selain acara-acara di atas, masih ada puluhan kegiatan lainnya yang diselenggarakan untuk meramaikan ulang tahun kota Jakarta. Beberapa di antaranya adalah Festival Jakarta Great Sale 2013 (pesta diskon yang diikuti oleh 74 mal di ibukota), Pagelaran Seni Betawi, Jakarnaval, dan masih banyak lagi.

Selamat Ulang Tahun Jakarta ! Semoga Jakarta terus berkembang menjadi kota yang modern tanpa meninggalkan budaya lokal serta menjelma menjadi kota yang aman dan nyaman bagi warganya.

Image credit Mikael07

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com