Bulan Sabit Tanda Awal Ramadan

Inilah 6 Tempat Ngabuburit Asyik di Jakarta

Tak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Puasa. Jika sesuai dengan prediksi, bulan puasa 2013 akan dimulai pada hari Selasa, 9 Juli 2013. Penduduk Indonesia punya satu tradisi yang unik selama bulan puasa yaitu ngabuburit. Apa sih ngabuburit? Sebenarnya, ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang artinya kurang lebih menunggu waktu berbuka puasa. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, umat Muslim di Indonesia biasanya bersantai, berjalan-jalan, atau “nongkrong” dan ngobrol bersama teman di tempat umum. Berikut adalah beberapa tempat ngabuburit yang asyik di Jakarta.

5 Tempat Ngabuburit di Jakarta

1. Parkir Timur Senayan
Tempatnya yang adem karena dilindungi banyak pepohonan membuat Parkir Timur Senayan sering dikunjungi warga sekitar untuk menghabiskan waktu sambil menunggu magrib tiba di bulan puasa. Di sore hari di bulan puasa, banyak anak muda unjuk kebolehan dengan menggunakan skate board dan sepeda atau sekedar berkumpul dan duduk-duduk sambil ngobrol. Biasanya, banyak pedagang menjajakan beberapa jenis makanan yang cocok untuk berbuka puasa.

2. Kota Tua
Kota Tua yang selalu ramai oleh pengunjung menjadi semakin ramai di sore hari bulan Ramadan. Biasanya, pengunjung yang datang untuk ngabuburit berasal dari kalangan anak-anak muda. Ada yang datang untuk berjalan-jalan sambil berfoto, ada pula yang menyewa sepeda onthel untuk berkeliling kawasan Kota Tua. Saking asyiknya ngabuburit di Kota Tua, Magrib akan terasa lebih cepat tiba.

3. Jalan Panjang, Kebon Jeruk
Jalan Panjang yang menjadi salah satu penghubung Jakarta Barat dengan Jakarta Selatan berubah menjadi tempat wisata kuliner saat bulan Puasa tiba. Puluhan bahkan ratusan pedagang menjajakan aneka hidangan di pinggir jalan. Makanan yang paling banyak dijajakan adalah kolak, sup buah, es cincau, es rumput laut, sirup, tempe mendoan, aneka macam gorengan, dan lain sebagainya.

4. Lapangan Merdeka, Monumen Nasional (Monas)
Lapangan merdeka atau pelataran Monas juga menjadi salah satu tempat ngabuburit terfavorit di Jakarta. Umumnya, pengunjung datang bersama keluarga. Banyak hal bisa dilakukan di Monas, misalnya bersantai, berolahraga, berfoto, atau berbelanja. Di Monas, pengunjung bisa menemukan barisan pedagang yang menjual berbagai jenis barang mulai dari kaos, sepatu, benda pajangan, aksesoris kecil seperti gantungan kunci, hingga makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

5. Bulungan, Jakarta Selatan
Makanan menjadi faktor utama yang menarik warga untuk ngabuburit di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Berbagai jenis hidangan mulai dari minuman dan makanan manis seperti es buah dan kolak hingga hidangan berat seperti soto, sate, atau nasi goreng dapat ditemukan di kawasan ini. Berlokasi di pinggir jalan, harga makanan yang ditawarkan tak akan membuat jebol kantong.

6. Pekan Raya Jakarta, Kemayoran
Pada tahun 2013 ini, ada lokasi ngabuburit tambahan di Jakarta yaitu arena Pekan Raya Jakarta (PRJ). Tahun ini, event PRJ masih berlangsung hingga awal bulan Puasa. Mengunjungi Jakarta Fair untuk melihat-lihat berbagai stan dan barang pameran bisa membuat kita lupa waktu. Ketika magrib tiba, kita bisa berbuka puasa dengan satu dari sekian banyak jenis makanan yang tersedia di areal pameran.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com