Tempat Wisata Favorit di Tangerang

Tangerang merupakan kota terbesar di provinsi Banten yang terletak di sebelah barat Jakarta. Kota ini berfungsi sebagai penyangga ibukota karena banyaknya kaum komuter yang bertempat tinggal di Tangerang namun bekerja di Jakarta. Memiliki lebih dari 1.000 pabrik, Tangerang juga dikenal sebagai salah satu pusat industri dan manufaktur di Pulau Jawa. Status-status di atas mungkin membuat Tangerang terkesan serius dan membosankan. Namun, kenyataannya tidak demikian karena Tangerang memiliki banyak tempat wisata yang mampu menarik minat pengunjung dari dalam dan luar kota.

1. Masjid Al-Adzom
Masjid Al-Adzom merupakan sebuah masjid megah yang terletak di Jalan Satria Sudirman Kelurahan Sukaasih, Tangerang. Masjid yang berdiri di tanah seluas 40.000 meter persegi ini memiliki bentuk yang unik dengan kubah besar berwarna kebiruan. Kubah masjid Al-Adzom bahkan tercatat sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Pelataran masjid ini sering dijadikan tempat berkumpul warga setempat pada sore dan malam hari.

2. Masjid Pintu Seribu
Masjid Pintu Seribu atau Nurul Yakiin terletak di Kampung Bayur, Priuk, Tangerang. Didirikan sejak tahun 1978, bangunan masjid ini terkesan kuno namun unik dengan adanya 1.000 pintu dan gerbang dengan desain yang mirip dengan gaya arsitektur zaman Baroque serta dari suku Aztec dan Maya. Masjid ini juga memiliki koleksi Al-Quran dan tasbih berukuran besar yang dirangkai dari 99 butiran berdiameter 10 cm dan bertuliskan asmaul husna.

3. Tanjung Kait
Sama seperti Jakarta, Tangerang juga memiliki kawasan wisata bahari yang bernama Tanjung Kait. Tempat ini banyak dikunjungi oleh para penghobi mancing dan pencinta makanan laut dari wilayah Tangerang dan Jakarta. Terdapat sejumlah gubuk-gubukan dan jembatan yang dibangun di atas air agar para pengunjung bisa menikmati lezatnya hidangan laut sambil merasakan suasana pantai.

4. Taman Buaya Tanjung Pasir
Sesuai dengan namanya, Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan sebuah tempat penangkaran buaya yang juga dijadikan sebagai tempat wisata. Saat ini, jumlah buaya yang ada di Taman Buaya Tanjung Pasir mencapai 500 ekor yang terdiri dari beberapa jenis berbeda seperti Buaya Sumatera, Buaya Irian, Buaya Air Tawar dan Buaya Air Payau. Tempat ini menyuguhkan atraksi menegangkan antara sang pawang dengan buaya peliharaannya. Para pencinta kuliner ekstrim juga bisa mencoba menu sate buaya muda atau tangkur (kelamin) buaya.

5. Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure adalah sebuah taman rekreasi air (water park) yang berlokasi di Serpong Town Square (Setos), Tangerang. Marcopolo Water Adventure tercatat sebagai taman rekreasi air pertama di Indonesia yang dibangun di atas mall dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. Dengan teknologi penjernihan air tingkat lanjut, tempat wisata air ini menjamin kejernihan, kebersihan, dan keamanan airnya terhadap kesehatan pengunjung. Taman air ini menyediakan berbagai pilihan kolam yang bisa digunakan oleh balita hingga dewasa.

6. Hotel di Tangerang
Selain tempat-tempat di atas, Tangerang masih menyimpan banyak tempat menarik yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati liburan. Namun, sebanyak apapun tempat wisata yang tersedia tentu belum lengkap tanpa kehadiran hotel dan penginapan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi wisatawan dari luar kota. Jangan khawatir, Tangerang sebagai kota satelit serta pintu gerbang utama untuk masuk ke Jakarta juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi. Berikut adalah daftar akomodasi yang tersedia di Tangerang dan sekitarnya:
- FM7 Resort Hotel
- Sheraton Bandara Hotel
- Amaris Hotel – Bandara Soekarno Hatta
- Pop! Hotel Airport Jakarta
- Hotel Jakarta Airport
- Hotel Santika BSD City Serpong
- Hotel Aryaduta Lippo Village

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com