Phuket

Berkunjung ke Pulau Terbesar dan Ternakal di Thailand, Phuket

Manakah negara tujuan wisata terbaik di Asia Tenggara? Ada yang menyebut Singapura, ada yang bilang Malaysia, ada pula yang dengan bangga menunjuk Indonesia. Namun ternyata, Thailand unggul dibanding ketiga negara di atas dalam hal pariwisata. Buktinya, dalam daftar 25 tempat wisata terbaik di Asia yang dirilis oleh TripAdvisor, 5 di antaranya berada di Thailand. Tak satupun negara Asia yang berhasil menyaingi pencapaian Thailand tersebut. Melihat kepopuleran Thailand dalam dunia pariwisata, kita akan membahas mengenai salah satu destinasi terpopuler di negeri tersebut. Destinasi yang dimaksud adalah Phuket.

Phuket

Phuket merupakan sebuah provinsi sekaligus pulau terbesar di Thailand. Ukurannya tak lebih besar dari Singapura, namun Phuket memiliki pantai-pantai indah dengan kehidupan malam yang meriah. Terletak di Laut Andaman sebelah barat daya Thailand, Phuket dulunya merupakan jalur perdagangan strategis yang menghubungkan India dan Cina. Dahulu, pertambangan timah dan karet menjadi mata pencaharian utama, namun kini, industri pariwisata menjadi penggerak ekonomi utama di Phuket.

Di kalangan wisatawan mancanegara, Phuket terkenal dengan keindahan lautnya yang berombak tenang dan berair biru jernih di beberapa bagian pulau. Pemandangan matahari terbenam di Phuket amat memukau dengan adanya semburat jingga dan keemasan yang terpantul ke laut dan langit. Terkadang, pantai-pantai Phuket diselimuti dengan suasana santai dan romantis, namun pada momen-momen tertentu, misalnya saat terang bulan, pantai Phuket berubah menjadi tempat pesta yang meriah di mana semua wisatawan baik lokal maupun mancanegara bergabung dan bersenang-senang. Berikut adalah beberapa pantai cantik dan tempat menarik yang ada di Phuket.

Tempat Menarik di Phuket

Teluk Phang Nga
Di bagian timur laut, Phuket memiliki Phang Nga Bay atau Teluk Phang Nga yang tampak misterius dengan adanya penampakan bukit-bukit batu kapur besar terhampar di tengah laguna biru yang tenang. Phang Nga Bay juga populer dengan James Bond Island serta gua bawah lautnya. Nama asli dari James Bond Island sebenarnya adalah Nail Island (Pulau Paku). Disebut James Bond Island karena tempat tersebut pernah digunakan sebagai lokasi syuting salah satu film James Bond “The Man with the Golden Gun”.

Phang Nga Bay

Phang Nga Bay

Pantai Patong
Patong Beach atau Pantai Patong merupakan resor pantai terbesar di Pulau Phuket. Kawasan ini terkenal akan kehidupan malamnya yang glamor dengan adanya ratusan restoran dan hotel mewah, bar, diskotik, hingga panti pijat. Di tempat ini, penghibur perempuan, laki-laki, dan transgender dapat ditemukan dengan mudah. Sebagian besar kaum transgender memiliki postur tubuh, wajah, dan suara yang amat feminin hingga sulit dibedakan dengan perempuan sungguhan.

Wat Chalong
Jika bosan dengan suasana pantai, wisatawan bisa mengunjungi Wat Chalong, sebuah candi Buddha indah yang terdapat di Chalong Bay. Wat Chalong memiliki koleksi patung Luang Pho Cham dan Luang Pho Chuang, dua orang yang memiliki peran penting dalam sejarah Phuket. Luang Pho Cham dan Luang Pho Chuang juga merupakan kepala biara di Wat Chalong pada zamannya. Jika ingin mengunjungi Wat Chalong, pengunjung disarankan menggunakan pakaian sopan yang tidak memperlihatkan punggung, dada, perut, dan kaki. Pengunjung juga diharuskan melepas alas kaki jika ingin memasuki bagian dalam candi.

Soi Bangla
Phuket identik dengan kehidupan malam yang glamour dan sedikit nakal. Tak ada tempat lain di Phuket yang bisa mendeskripsikan karakter tersebut sebaik Soi Bangla atau Jalan Bangla. Di siang hari, kawasan ini mungkin terlihat biasa-biasa saja. Namun menjelang sore hari, karakter aslinya mulai terlihat. Jalan Bangla ditutup untuk kendaraan sementara bar-bar dan pusat hiburan malam yang penuh dengan wanita (atau transgender) cantik menjadi pemandangan yang mendominasi. Namun, destinasi yang satu ini mungkin kurang cocok bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga atau memiliki pandangan tegas mengenai nilai moral dan agama.

Phuket Fantasea
Terkenal sebagai pusat hiburan malam di Thailand, bukan berarti Phuket tak memiliki tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Malah, Phuket memiliki salah satu taman bermain paling menarik di Asia Tenggara yaitu Phuket FantaSea. Taman bermain seluas 130 hektar ini memiliki atraksi unik yang melibatkan gajah, pemain akrobat, penari balet, dan anggota pertunjukan lainnya yang cantik dan lemah gemulai. Pertunjukan yang ditampilkan berkaitan dengan seluruh legenda dan mitos yang berkembang di Thailand.

Tempat Wisata Lainnya di Phuket
Selain lokasi-lokasi di atas, Phuket masih memiliki banyak tempat menarik lain yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Ada Bang Thao yang menjadi rumah dari resor-resor mewah, Kamala dengan suasana yang tenang sepanjang tahun, serta Karon yang tercatat sebagai pantai wisata terbesar ketiga di Phuket.

Akomodasi di Phuket

Menjadi salah satu destinasi wisata utama di Thailand, Phuket dilengkapi dengan berbagai jenis akomodasi. Beruntung bagi wisatawan, tarif akomodasi yang ditawarkan di Phuket tergolong terjangkau dibandingkan dengan destinasi lainnya di Asia Tenggara. Namun, jika dibandingkan dengan tarif hotel di daratan utama Thailand seperti Bangkok atau Chiang Mai, harga hotel di Phuket sepertinya sedikit lebih tinggi.

Harga hotel Phuket yang paling sederhana berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 saja. Contoh hotel murah di Phuket adalah The Marq Hotel, Seeka Boutique Resort dan Rattana Mansion. Meski murah, hunian yang ditawarkan hotel-hotel ini terbilang nyaman untuk menikmati liburan di Phuket.

Hotel-hotel mewah juga dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Phuket. Pulau terbesar di Thailand ini menjadi rumah dari beberapa jaringan hotel mewah internasional seperti Pullman, JW Marriott, Hilton, Moevenpick, dan The Pavillions. Menginap di hotel mewah di Phuket, wisatawan harus menyiapkan dana antara Rp1.000.000 sampai Rp10.000.000 per malam tergantung hotel dan jenis kamar yang dipilih.

Transportasi di Phuket

Semakin berkembangnya Phuket sebagai destinasi wisata di Thailand tak lepas dari pengaruh kemudahan akses yang ditawarkan. Phuket dilayani oleh Bandara Internasional Phuket yang terletak di bagian utara Pulau Phuket, sekitar 30 km dari pusat kota Phuket. Bandara Phuket tercatat sebagai bandara tersibuk kedua di Thailand yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Dari Jakarta, Phuket bisa dicapai dengan menggunakan Air Asia atau Tiger Air dengan transit terlebih dahulu di Singapura.

Jika ingin pilihan maskapai yang lebih lengkap, wisatawan bisa terbang ke Bangkok, baru kemudian mencari penerbangan ke Phuket. Ada banyak maskapai yang melayani rute Jakarta-Bangkok di antaranya Garuda Indonesia, Air Asia, Lion Air, Tiger Air, dan Singapore Airlines. Dari Bangkok, penerbangan ke Phuket tersedia setiap hari melalui maskapai penerbangan lokal seperti Nok Air, Orient Thai Airlines, Thai Smile, Bangkok Airways, dan Thai Airways International.

Beberapa alat transportasi seperti songtaew, tuk tuk, dan taksi motor tersedia untuk berkeliling kawasan Phuket. Songtaew merupakan sebutan bagi bus di Thailand yang biasanya terdapat di sekitar pusat kota Phuket dan di kawasan wisata pantai. Tuk tuk adalah angkutan umum mirip bajaj yang tersedia di hampir seluruh kawasan Phuket. Sama halnya dengan bajaj, calon penumpang bisa tawar menawar harga dengan sang supir sebelum menggunakan tuk tuk. Alat transportasi yang terakhir yaitu taksi motor sama seperti ojek di Indonesia. Penumpang bisa berkeliling kota menggunakan ojek Phuket ini dengan tarif hanya 50 baht atau sekitar Rp18.000.

Ilustrasi Tuk Tuk

Ilustrasi Tuk Tuk

Image credit Endrjuch, sugarwawa, Takeaway

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com