Indahnya Beijing, Kota Modern dengan Sentuhan Tradisional

Sebagai ibukota dari Republik Rakyat Cina, Beijing menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Asia. Kota yang sering disebut dengan nama Peking ini dihuni oleh lebih dari 20 juta penduduk pada tahun 2012. Beijing juga berperan sebagai pusat pemerintahan, kebudayaan, dan pendidikan di Cina. Tak hanya itu, ibukota Cina ini juga termasuk ke dalam daftar 10 destinasi terbaik di Asia.

Di kalangan wisatawan, Beijing terkenal memiliki banyak tempat menarik yang terdiri dari bangunan kuno dan bersejarah, taman, makam, gerbang, serta monumen peninggalan zaman lampau. Bangunan bersejarah di Beijing memiliki lokasi yang berdekatan dengan bangunan-bangunan modern seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel-hotel mewah. Berikut adalah daftar tempat menarik yang tersedia di Beijing.

Tempat Menarik di Beijing

Kota Terlarang (Forbidden City)
Kota Terlarang alias Forbidden City adalah bekas Istana Kerajaan di Cina yang menjadi tempat tinggal keluarga kekaisaran mulai dari Dinasti Ming hingga Dinasti Qing. Terletak di pusat kota Beijing, Kota Terlarang menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Cina. Kawasan Kota Terlarang  terdiri dari 980 bangunan bergaya arsitektur Cina kuno yang berdiri di atas lahan seluas 720.000 meter persegi. Kompleks Istana Kekaisaran yang dibangun pada tahun 1406 ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1987.

Kota Terlarang

Kota Terlarang

Wangfujing
Wangfujing merupakan kawasan wisata belanja terfavorit di Beijing. Kawasan yang berlokasi di distrik Dongcheng, Beijing, ini dikunjungi oleh ratusan ribu pengunjung setiap harinya. Wanfujing dipenuhi oleh pusat-pusat perbelanjaan mewah hingga toko dan kios kecil yang menjual berbagai jenis produk mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesoris, souvenir, hingga makanan ringan. Kawasan ini dibatasi oleh Hotel Beijing di bagian selatan dan Gereja Katolik Wanfujing di bagian utara.

Temple of Heaven
Temple of Heaven, secara literal berarti Kuil Surga, berada di sebelah tenggara dari pusat Beijing. Kawasan ini merupakan kompleks bangunan keagamaan yang biasa dikunjungi oleh keluarga kekaisaran dari Dinasti Ming dan Qing di Cina. Kompleks Temple of Heaven didirikan pada tahun 1406, bersamaan dengan tahun pembuatan Kota Terlarang. Kuil ini menjadi bagian dari 4 kuil terpopuler di Beijing yaitu Temple of Sun (Kuil Matahari) di bagian timur, Temple of Earth (Kuil Bumi) di utara dan Temple of Moon (Kuil Bulan) di sebelah barat kota Beijing.

Makam Dinasti Ming (Ming Dynasty Tombs)
Kompleks Makam Dinasti Ming atau Ming Dinasti Tombs tidak persis terletak di kota Beijing, namun masih menjadi bagian dari Beijing municipality. Pemakanan ini berlokasi di lereng selatan Gunung Tianshou yang dipilih berdasarkan fengshui, sebuah kepercayaan Cina mengenai peruntungan dan kesialan. Di kompleks pemakaman ini, terdapat rumah dari makam 13 Kaisar Dinasti Ming. Pada Agustus 2003, Makam Dinasti Ming tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dengan nama “Imperial Tombs of the Ming and Qing Dynasties”.

Tembok Besar Cina
Tembok Besar Cina yang pernah tercatat sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia membentang dari distrik Shanhaiguan di timur hingga ke Lop Lake atau Lop Nur di bagian barat. Tembok terpanjang di dunia ini dulunya berfungsi sebagai benteng yang membatasi dan melindungi Kekaisaran Cina terhadap serangan-serangan dari luar. Salah satu bagian benteng yang berada di bagian utara kota Beijing terpelihara dengan baik dan banyak dikunjungi wisatawan. Sementara itu, beberapa bagian tembok mulai mengalami kerusakan akibat aksi pencurian batu oleh masyarakat sekitar serta tindakan vandalisme yang dilakukan wisatawan.

Selain tempat-tempat wisata di atas, Beijing masih menyimpan banyak objek wisata menarik seperti National Museum of China, Pagoda di Tianning Temple, Tiananmen, Beijing Zoo dan Beijing Botanical Garden. Tak hanya tempat wisata, Beijing juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung wisata yang cukup lengkap. Tak heran jika Beijing menempati urutan kedua dalam daftar destinasi terfavorit di Asia versi Tripadvisor.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com