Kota Batam

Yuk, Cari Tahu Tempat Menarik di Kota Batam!

Batam merupakan kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau dengan populasi lebih dari 1,15 juta jiwa. Kota terbesar ketiga di pulau Sumatera ini tercatat sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Dalam jangka waktu 40 tahun, jumlah penduduk Batam telah meningkat hingga 158 kali lipat. Batam juga dikenal sebagai pusat industri dan sering menjadi jalan masuk barang-barang selundupan dari luar negeri, karena letaknya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

Industri Pariwisata di Batam mungkin kurang populer dibanding Pulau Bintan yang menjadi lokasi dari ibukota Riau, Tanjung Pinang. Namun, cukup banyak wisatawan yang datang mengunjungi Batam setiap tahunnya. Sebagian besar wisatawan di Batam berasal dari Singapura mengingat jarak antara keduanya amat dekat yaitu sekitar 20 kilometer. Selain keberadaan resort mewah dan pantai yang indah, kehidupan malam yang meriah menjadi salah satu faktor yang mampu menarik kunjungan wisatawan ke Batam.

Tempat Menarik di Batam

Berikut adalah beberapa contoh tempat menarik yang terdapat di Batam.

Teluk Senimba
Teluk Senimba, juga dikenal sebagai Waterfront City, merupakan kawasan khusus wisata di Batam. Hotel-hotel berbintang, restoran, dan pusat hiburan malam bisa ditemukan di tempat ini. Hotel-hotel mewah di Waterfront City seperti Harris Resort Batam dan Holiday Inn Resort Batam terkenal menawarkan tarif yang terjangkau. Meski dikenal dengan nama Waterfront City, kawasan ini bukan merupakan sebuah kota.

Waterfront City

Waterfront City

Pantai Melur
Pantai Melur cukup populer di kalangan wisatawan karena panoramanya yang indah berkat kehadiran pasir putih, air jernih, dan nyiur yang melambai di sekeliling pantai. Terletak sekitar 45 km dari pulau Batam, Pantai Melur cocok untuk menghindari kesibukan dan kepenatan di kota Batam. Kawasan yang menjadi salah satu andalan wisata di Batam memiliki pemandangan menakjubkan berupa hamparan pasir putih yang membentang sepanjang mata memandang.

Masjid Agung Batam
Kota Batam ternyata memiliki tempat wisata religi yang unik namun mengagumkan. Kawasan wisata yang dimaksud adalah Masjid Agung Batam atau Masjid Raya Batam yang terletak di Jalan Engku Putri. Masjid dengan luas 75.000 meter persegi ini mampu menampung jamaah hingga 3.500 orang. Dengan desain unik yang mirip seperti piramida, Masjid Raya Batam tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam tetapi juga menjadi daya tarik wisata di Batam.

Maha Vihara Duta Maitreya
Tak cuma masjid, Batam juga memiliki vihara populer yang menjadi tempat wisata. Maha Vihara Duta Maitreya yang berlokasi di Sei Panas, Batam, disebut-sebut sebagai vihara terbesar di Asia Tenggara. Berdiri di atas lahan seluas 4,5 hektar, Maha Vihara Duta Maitreya menyimpan koleksi arca Buddha Maitreya, Buddha Gautama, Dewi Kwan Im, Amitabha, Satya Kamala, dan masih banyak lagi. Selain sebagai tempat ibadah dan kawasan wisata, sebagian bangunan Maha Vihara Duta Maitreya juga berfungsi sebagai sekolah dari tingkat playgroup hingga SMA.

Mega Wisata Ocarina
Mega Wisata Ocarina merupakan gabungan antara taman hiburan dan pantai di Pulau Batam. Diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mega Wisata Ocarina dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti Giant Wheel, Sky Runners, dan wahana-wahana air seperti banana boat dan kapal dayung. Mega Wisata Ocarina berdiri di atas lahan seluas 40 hektar di kompleks perumahan mewah Costarina yang berada di tepi Teluk Kering, Batam.

Pantai Nongsa
Berbentuk pulau yang dikelilingi oleh lautan, wajar jika pantai menjadi tempat wisata andalan Batam. Pantai Nongsa merupakan salah satu pantai cantik yang berada di Batam. Tak cuma pantai-pantai indah dengan air yang jernih, kawasan Nongsa juga menjadi rumah dari hotel dan resor mewah serta padang golf berstandar internasional.

Selain tempat-tempat wisata di atas, Batam juga dilengkapi dengan pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai jenis restoran. Beberapa pusat perbelanjaan di Batam adalah Nagoya Hill Mall di Nagoya dan BCS Mall di Baloi. Jenis restoran di Batam bervariasi mulai dari restoran seafood, masakan Cina, hingga restoran cepat saji. Jika ingin merasakan suasana makan yang berbeda, pengunjung bisa mencoba masakan seafood di Golden Prawn Seafood Restaurant. Restoran ini berbentuk panggung dan didirikan di atas kolam luas berisi berbagai jenis ikan.

Menjadi salah satu kota besar di Indonesia, Batam juga dilengkapi dengan berbagai sarana hiburan seperti bioskop, kafe, bar, diskotik, karaoke, hingga arena golf. Tentunya, semua itu kurang lengkap jika tidak didampingi dengan akomodasi yang memadai.

Akomodasi di Batam
Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi wisatawan, berbagai jenis hotel mulai dari hotel budget hingga hotel mewah tersedia di Batam. Beberapa contoh hotel di Batam adalah Triniti Hotel Batam, Batam Centre Hotel, dan Novotel Batam. Tarif hotel-hotel ini terbilang murah antara Rp300.000 – Rp700.000 per malam. Padahal, hotel-hotel di Batam kebanyakan merupakan hotel kelas menengah berbintang 3 dan 4.

Transportasi di Batam
Wisatawan bisa masuk ke Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim yang melayani rute penerbangan lokal dari dan ke Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Pekanbaru, Palembang dan Pontianak serta rute penerbangan internasional ke Kuala Lumpur melalui maskapai Firefly. Sementara itu, wisatawan dari Singapura lebih sering menggunakan feri karena jarak tempuh yang terlalu dekat. Untuk berkeliling kota Batam, wisatawan bisa menggunakan bus, Metro Trans, taksi, atau mobil sewaan.

Image credit Jean-Luc BARRAUD, Jpatokal

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com