Lawang Sewu

Cocok untuk Halloween, Inilah 10 Tempat Terangker di Indonesia

Sekali-sekali boleh dong membahas tempat-tempat yang menyeramkan, mumpung masih dalam suasana Halloween. Kebetulan, Indonesia punya banyak sekali tempat yang katanya angker dan menyeramkan. Kabarnya, tempat-tempat tersebut menjadi tempat tinggal dari makhluk-makhluk gaib yang tak kasat mata. Mau tahu tempat-tempat mana saja yang dianggap paling angker di Indonesia? Daftarnya bisa kamu temukan di bawah ini. 

10 Tempat Paling Angker di Indonesia

1. Lawang Sewu, Semarang
Bicara tentang kota Semarang, yang pertama terlintas dalam benak kamu barangkali adalah Lawang Sewu. Gedung bergaya klasik peninggalan Belanda ini memang menjadi salah satu objek wisata paling populer di Semarang. Bukan hanya karena keunikan bentuk bangunan atau nilai sejarahnya tetapi juga karena keangkerannya. Ruang-ruang bawah tanah di Lawang Sewu pernah dijadikan sebagai tempat penahanan sekaligus pembantaian tentara Belanda ketika Jepang menginvasi Indonesia pada tahun 1942. Berbagai jenis penampakan berupa kuntilanak, genderuwo, dan makhluk-makhluk tak biasa lainnya dikabarkan pernah terlihat di Lawang Sewu.

Berani berkunjung ke Lawang Sewu? Temukan hotel terdekat di sini.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

2. Goa Jepang, Lembang
Disamping memiliki pemandangan alam indah dan udara yang sejuk, kawasan Lembang di kabupaten Bandung, Jawa Barat, ternyata juga memiliki tempat yang menyeramkan. Tempat tersebut dikenal dengan nama Gua Jepang. Lokasi tepatnya ada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. Juanda. Sesuai dengan namanya, lubang batu yang sempit dan bercabang ini memang dibangun oleh para tentara Jepang saat melakukan invasi ke Indonesia. Dulunya, Gua Jepang berfungsi sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan tahanan perang. Begitu memasuki Gua Jepang yang pengap dan lembab, aura mistis akan langsung terasa. Konon, sering terdengar suara jeritan atau terlihat penampakan misterius di Goa Jepang di Lembang.

3. TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan
Dari Semarang dan Lembang, kita beralih ke Jakarta. Disamping reputasinya sebagai kota metropolitan yang modern, Jakarta ternyata menyimpan urban legend yang menyeramkan. Salah satu urban legend paling fenomenal di ibukota adalah Hantu Jeruk Purut. Hantu ini kabarnya kerap muncul di TPU Jeruk Purut dalam bentuk pastor tanpa kepala! Hiii…. Sang hantu yang bertubuh besar dan berpakaian hitam kerap dilaporkan terlihat berjalan-jalan di areal pemakaman sambil menuntun anjing besar dan menenteng kepalanya sendiri.

Kaum muda yang penasaran dengan penampakan hantu tersebut kerap mendatangi TPU Jeruk Purut di malam hari untuk membuktikan secara langsung. Begitu fenomenalnya legenda Hantu Jeruk Purut di Jakarta hingga kisahnya diangkat ke layar lebar dalam judul yang sama yaitu “Hantu Jeruk Purut”. Dalam film horor tersebut, dikisahkan bahwa sang hantu akan muncul jika didatangi pada hari jumat malam dengan jumlah orang yang ganjil.

4. Kilang Minyak Pertamina, Balikpapan
Ternyata, bukan hanya kuburan, gua, dan bangunan tua saja yang dianggap menyeramkan. Bangunan baru dan modern seperti kilang minyak juga bisa menjadi tempat angker. Contohnya adalah Kilang Minyak Pertamina di Balikpapan. Beberapa penampakan yang kerap terlihat di lokasi tersebut adalah hantu wanita berambut panjang serta hantu pekerja tanpa kepala.

Bahkan, 2 tahun lalu sempat terjadi peristiwa yang menghebohkan sekaligus mengerikan di Kilang Minyak tersebut. Sosok pekerja yang berjalan tertatih-tatih sambil mengenakan pakaian compang-camping terekam dalam cctv. Rekaman cctv tersebut akhirnya dibawa ke orang pintar dan berdasarkan pengakuan sang paranormal, sosok yang tertangkap kamera tersebut adalah hantu pekerja yang tewas akibat kecelakaan kerja sebelumnya. Kain compang-camping yang dikenakannya tak lain dan tak bukan adalah kain kafan. Uwoooh… Seram!

5. Lintasan Kereta Bintaro, Jakarta Selatan
Kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, menyimpan sejarah kelam industri perkeretaapian Indonesia. Ya, kawasan ini menjadi lokasi dari kecelakaan kereta api terparah yang dikenal dengan nama Tragedi Bintaro. Kecelakaan kereta yang terjadi pada tanggal 19 Oktober 1987 ini memakan korban sekitar 156 jiwa. Berdasarkan keterangan saksi mata, potongan tubuh korban kecelakaan banyak yang berserakan di sekitar lokasi kejadian. Tak heran jika kemudian perlintasan kereta Bintaro menjadi tempat yang menyeramkan. Warga sekitar mengaku kerap mendengar jeritan atau melihat penampakan orang yang kehilangan anggota tubuh tertentu sedang berjalan gontai di pinggir rel.

Kecelakaan Kereta Api Bintaro

Kecelakaan Kereta Api Bintaro

6. Pantai Selatan, Pulau Jawa
Berhati-hatilah saat berkunjung ke pantai-pantai di sebelah selatan Pulau Jawa seperti Pantai Parangtritis di Yogyakarta atau Pantai Pangandaran di dekat Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya, pantai-pantai tersebut dikenal memiliki ombak tinggi dan kuat yang kerap kali memakan korban. Namun, warga lokal percaya bahwa fenomena korban tenggelam di pantai-pantai selatan Pulau Jawa tidak hanya disebabkan oleh arus laut yang kuat tetapi karena pengaruh makhluk lain yang tak kasat mata.

Ya, pantai selatan Pulau Jawa dipercaya dikuasai oleh makhluk gaib bernama Ratu Kidul. Wisatawan disarankan menjaga perkataan dan perbuatan selama mengunjungi pantai selatan. Selain itu, mitos yang berkembang menyebutkan bahwa wisatawan tidak boleh mengenakan pakaian warna hijau karena warna tersebut merupakan kesukaan Ratu Kidul.

Kalau ingin merasakan suasana mistis di Pantai Selatan, silakang menginap di hotel-hotel dekat Parangtritis.

7. Pulau Kumala, Kalimantan Timur
Bagi yang belum tahu, Pulau Kumala merupakan sebuah kawasan di delta Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pulau Kumala dulunya hanya berupa dataran kosong yang tertutup semak belukar, namun kini pulau tersebut telah berkembang menjadi kawasan wisata yang cukup populer. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kumala ternyata tak banyaki mengubah suasana misterius di kawasan tersebut. Penampakan makhluk-makhluk misterius dalam bentuk genderuwo atau sosok wanita yang tiba-tiba menghilang dikabarkan kerap terjadi di Pulau Kumala.

8. Gunung Merapi, Jawa Tengah
Gunung-gunung di Indonesia, terlebih di Pulau Jawa, sejak lama dipercaya sebagai tempat tinggal bangsa jin. Begitu pula dengan Gunung Merapi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Fenomena gaib yang sulit dijelaskan dengan ilmu pengetahuan seringkali terjadi di gunung ini. Salah satu kejadian aneh yang kerap ditemukan pendaki adalah pasar gubrah atau pasar gaib yang dipercaya sebagai pasarnya makhluk halus. Pasar ini terlihat seperti pasar biasa namun muncul di tengah-tengah gunung pada tengah malam. Di pagi hari, sisa-sisa pasar benar-benar hilang dan tak berbekas sama sekali.

Gunung Merapi

Gunung Merapi

9. Rumah Pondok Indah, Jakarta
Kalau sudah lama tinggal di Jakarta, pasti kamu tahu tentang kisah Rumah Pondok Indah yang sempat heboh pada awal tahun 2000-an. Rumah ini disebut-sebut sebagai rumah paling berhantu di Jakarta. Berbagai kejadian aneh pernah dilaporkan pernah terjadi di rumah ini. Salah satu yang paling menghebohkan adalah kabar menghilangnya tukang nasi goreng ketika sedang berhenti di depan Rumah Pondok Indah.

Di pagi hari, petugas keamanan di kompleks perumahan Pondok Indah hanya menemukan gerobak nasi goreng teronggok di depan rumah sementara pemiliknya pergi entah ke mana. Kabarnya, rumah mewah tersebut dihuni oleh keluarga pengusaha kaya pada tahun 1980-an. Namun, sang pengusaha beserta seluruh keluarga mereka tewas dibunuh oleh perampok. Saking seramnya, tak ada yang betah menghuni Rumah Pondok Indah dalam waktu lama sehingga rumah tersebut kini diruntuhkan dan hanya menyisakan sebidang tanah kosong.

10. Rumah Ambulans, Bandung
Sama seperti Jakarta, Bandung juga penuh dengan urban legend. Salah satu urban legend paling terkenal di Bandung adalah Rumah Ambulans yang ada di Jalan Bahureksa No. 15. Di halaman rumah bergaya jadul ini, terparkir mobil ambulans tua yang tertutup oleh terpal. Mengapa ada ambulans di depan rumah yang sama sekali bukan klinik atau rumah sakit tersebut?

Konon katanya, ambulans tersebut pernah mengangkut keluarga bule pemilik rumah yang meninggal akibat kecelakaan. Namun entah mengapa, keesokan harinya mobil ambulans itu sudah terparkir dengan rapi di halaman rumah. Berapa kalipun dikembalikan, si mobil ambulans tetap kembali ke tempat semula. Mesinnya pun kerap hidup secara misterius tanpa ada yang menyalakan. Penasaran ingin menyaksikan Rumah Ambulans? cek dulu hotel-hotel berikut.

Itulah daftar 10 tempat yang dipercaya angker di Indonesia. Percaya atau tidak, semua kembali ke diri kamu masing-masing.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com