Di Sini Bunga di Sana Bunga, Itulah Taman Bunga Nusantara

Berlibur di kawasan Puncak, Jawa Barat, terasa belum lengkap jika belum mengunjungi Taman Bunga Nusantara. Taman Bunga Nusantara (TBN) adalah sebuah objek wisata seluas 35 hektar yang terdiri atas beberapa taman dengan beragam koleksi bunga-bungaan dan tumbuhan yang menarik. Objek wisata ini terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor yang bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam dari Jakarta.

Taman Bunga Nusantara

Pertama kali menginjakkan kaki di Taman Bunga Nusantara, pengunjung akan dibuat kagum oleh hamparan rumput luas yang dari jauh tampak seperti karpet halus berwarna hijau berhiaskan pola unik warna warni. Jika dilihat dari dekat, pola warna-warni tersebut sebenarnya terbentuk dari beragam jenis bunga yang kesegarannya selalu terjaga. Ada pula tanaman yang dibentuk menyerupai hewan berukuran raksasa.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Koleksi Taman di Taman Bunga Nusantara
Taman yang diresmikan pada tanggal 10 September 1995 oleh Ibu Tien Soeharto ini memiliki beberapa koleksi taman diantaranya, Taman Air, Taman Mawar, Taman Palem, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Perancis, Taman Jepang, hingga Taman Rahasia (Labyrinth). Seluruh taman menghadirkan pemandangan unik dengan beragam jenis tumbuhan khas sesuai dengan tema taman masing-masing. Tak hanya bunga dan tanaman tropis, Taman bunga Nusantara juga memiliki tumbuhan dari negara beriklim subtropis dan dingin.

Di antara seluruh koleksi taman di Taman Bunga Nusantara, Taman Rahasia (Labyrinth) menjadi salah satu tempat paling menarik. Taman ini berbentuk jalan berliku-liku yang membingungkan (labyrinth/maze) dibatasi oleh dinding tanaman setinggi kepala orang dewasa atau sekitar 1,6-1,7 meter. Sebaiknya, pengunjung tidak memasuki Taman Rahasia sendirian karena besar kemungkinan mereka akan tersasar di dalam labirin.  Namun, memasuki Taman Rahasia beramai-ramai akan terasa kurang menegangkan karena jalan keluarnya menjadi lebih cepat ditemukan.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Fasilitas Taman Bunga Nusantara
Selain koleksi taman, Taman Bunga Nusantara juga dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik seperti rumah kaca, gazebo, panggung terapung (ampitheater), danau angsa, menara pandang, jam mendatar raksasa, kereta dotto, dan alam imajinasi. Panggung terapung dan danau angsa cocok bagi mereka yang bersantai atau melepas lelah sambil melihat angsa-angsa lucu berwarna hitam putih serta ikan koi yang aktif berenang menuju sumber makanan.

Kereta dotto, trem, serta mobil keliling siap membawa pengunjung berkeliling menikmati keindahan Taman Bunga Nusantara tanpa perlu berjalan jauh. Fasilitas ini sangat membantu pengunjung berusia lanjut yang tak kuat berjalan kaki dalam waktu yang lama. Sementara itu, alam imajinasi dirancang khusus untuk pengunjung anak-anak. Terdapat berbagai koleksi permainan mulai dari mobil senggol atau bom bom cart, balon air raksasa, kereta mini, go cart, ATV, sampai kuda tunggangan. Untuk menikmati permainan tersebut, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 per permainan.

Permainan Anak di Alam Imajinasi

Permainan Anak di Alam Imajinasi

Foto Pre-wedding di Taman Bunga Nusantara
Kehadiran taman-taman bunga yang indah di Taman Bunga Nusantara membuat banyak pasangan muda tertarik untuk melakukan foto prewedding atau pranikah di sana. Taman Bunga Nusantara cocok untuk melalukan foto pre-wedding dengan berbagai tema baik yang serius maupun santai. Ada pasangan yang berfoto dengan gaun pengantin lengkap, banyak pula yang mengenakan pakaian santai seolah sedang berpiknik di tengah alam yang indah dan asri.

Tentunya, untuk melakukan foto pre-wedding di Taman Bunga Nusantara harus mengurus izinnya terlebih dahulu. Izin melakukan foto prewed di TBN bisa diurus melalui pihak pengelola taman. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 untuk 3-6 orang yang terdiri dari pasangan calon pengantin, fotografer dan asistennya. Jangan lupa izin ya. Jika tidak, kamu bisa diusir atau dihentikan petugas taman ketika sedang asyik-asyiknya berpose.

Ilustrasi Foto Prewedding

Ilustrasi Foto Prewedding

Tips Mengunjungi Taman Bunga Nusantara
Karena areal Taman Bunga Nusantara yang amat luas, disarankan bagi pengunjung untuk membeli tiket gabungan dengan kereta dotto atau trem. Kereta akan berjalan pelan mengelilingi areal taman sehingga pengunjung masih sempat melihat-lihat dengan jelas keindahan taman dan mengabadikannya dengan kamera. Turunlah di pemberhentian paling jauh dari pintu depan TBN, lalu silakan berjalan-jalan sesuka hati dan mampir ke taman yang diminati.

Namanya juga taman bunga, sekeliling areal Taman Bunga Nusantara tentunya dipenuhi dengan rangkaian tanaman bunga. Tak banyak pepohonan rindang di sekitar lingkungan taman. Jadi, wisatawan sebaiknya berkunjung pada pagi atau sore hari ketika cuaca tak terlalu panas. Jika terpaksa berkunjung di siang hari, jangan lupa membawa payung serta kacamata hitam. Selain sebagai pelindung dari cuaca panas, payung juga amat berguna jika hujan turun. Kawasan TBN dan sekitarnya memang kerap diguyur hujan mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Bogor si kota hujan.

Harga Tiket Taman Bunga Nusantara
Dengan segudang tempat menarik dan fasilitas yang ada, Taman Bunga Nusantara memasang harga tiket masuk yang amat terjangkau yaitu Rp25.000 per orang. Jika ingin membeli tiket masuk sekaligus tiket kereta dotto atau trem untuk berkeliling, pengunjung hanya perlu membayar Rp30.000 per orang. Anak-anak berusia di bawah 2 tahun tidak perlu membeli tiket masuk alias gratis.

Harap diingat bahwa harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara tidak termasuk tiket untuk menikmati berbagai wahana dan permainan di Alam Imajinasi. Untuk menikmati permainan tersebut, kamu harus membayar lagi antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang untuk setiap permainan. Kebanyakan mainan yang tersedia hanya cocok untuk anak-anak dan remaja. Sambil menunggu anak-anak bermain, para orang tua bisa beristirahat di bangku-bangku yang tersedia atau memancing di kolam yang tersedia.

Jam Buka Taman Bunga Nusantara
Senin-Jumat pukul 08.00-17.00
Sabtu, Minggu dan hari libur pukul 08.00-17.30

Hotel Dekat Taman Bunga Nusantara
Berlokasi dekat kawasan wisata Puncak, Taman Bunga Nusantara dikelilingi oleh banyak hotel dan penginapan. Jadi, tak perlu khawatir tak kebagian tempat menginap ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Penginapan sederhana maupun hotel berbintang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar TBN. Berikut adalah daftar hotel yang letaknya tak jauh dari objek wisata Taman Bunga Nusantara:
- Palace Hotel
- Club Bali @ Kota Bunga
- Resort & Spa Novus Puncak
- Amaris Hotel Padjajaran Bogor

Lokasi Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara memiliki lokasi yang berdekatan dengan kawasan wisata Puncak. Dari Jakarta, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melewati jalan tol Jagorawi yang menghubungkan Jakarta, Bogor dan Ciawi. Untuk mencapai Taman Bunga Nusantara, wisatawan bisa mengikuti jalur Puncak dan belok kiri di perempatan Pasar GSP.

Jalannya memang lebih kecil dan agak berbatu dibanding jalur utama Puncak. Terus ikuti jalan tersebut hingga menemukan gerbang Taman Bunga Nusantara di sebelah kiri. Taman Bunga Nusantara tak akan sulit ditemukan karena pintu gerbangnya yang mencolok dan areal parkirnya yang dapat terlihat dengan jelas dari depan jalan.

Alamat Taman Bunga Nusantara
Jl. Mariawati Km. 7 Desa Kawung Luwuk,
Cipanas, Cianjur, Jawa Barat
Tel. 021 581617 / 021 581618
Fax. 0263 581616

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com