Songkran

Basah-basahan di Festival Songkran Thailand

Thailand selain kaya akan destinasi wisata juga penuh dengan festival yang unik dan menarik. Salah satu festival yang paling populer di Thailand adalah Songkran atau Festival Air Thailand.

Songkran bisa dibilang sebagai festival paling penting bagi masyarakat Thailand. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan tahun baru tradisional Thailand yang jatuh pada bulan April setiap tahunnya. Dalam perayaan Songkran, penduduk Thailand saling menciprat, menyemprot, dan menyiram air kepada siapapun yang turun ke jalan.

Tanggal Perayaan Songkran
Thailand merayakan festival Songkran setiap tanggal 13-15 April setiap tahun. Sebelumnya, tanggal perayaan Songkran ditentukan berdasarkan perhitungan astrologi yang bisa berubah-ubah setiap tahunnya, namun kini tanggal perayaan Songkran menjadi tetap. Perayaan Songkran bertepatan dengan Tahun Baru dalam kalender tradisional Thailand.

Kapan Festival Songkran 2014 di Thailand?
Festival Songkran 2014 akan dirayakan mulai hari Minggu, 13 April 2014 sampai Selasa, 15 April 2014.

Perayaan Songkran di Thailand
Perayaan Songkran dilangsungkan di hampir seluruh wilayah Thailand mulai dari ujung utara hingga selatan. Namun, pusat perayaan Songkran biasanya berlangsung di Chiang Mai, sebuah kota besar di sebelah utara Thailand. Festival Songkran di Chiang Mai tidak hanya dirayakan oleh penduduk lokal tetapi juga wisatawan asing yang khusus datang untuk mengikuti festival tersebut. Di Chiang Mai, perayaan Songkran bisa berlangsung selama seminggu atau lebih.

Pemerintah Thailand menjadikan Songkran sebagai hari libur nasional selama 3 hari pada tanggal 13-15 April setiap tahun. Jika tanggal Songkran jatuh bertepatan dengan akhir pekan, maka hari kerja berikutnya akan dianggap sebagai hari libur pengganti. Dengan demikian, warga Thailand tetap mendapatkan jatah libur Songkran selama 3 hari.

Perang Air pada Festival Songkran
Perang air adalah salah satu kegiatan yang menjadikan festival Songkran populer di mata dunia. Pada perayaan Songkran, penduduk Thailand saling menyiramkan air kepada siapapun yang muncul di jalan. Semua warga menyiapkan air di dalam ember, selang air, atau pistol mainan. Terkadang, air yang disiapkan diberi pewarna untuk menambah efek meriah ketika air disemprotkan.

Awalnya, tradisi penyiraman air hanya dilakukan kepada orang tua dan keluarga agar membawa keberuntungan dan kemakmuran di Tahun Baru. Lama-kelamaan, tradisi tersebut berkembang menjadi perang air di mana penduduk Thailand menyiramkan air kepada siapa saja baik yang dikenal maupun tidak. Oleh sebab itu, wisatawan asing bisa ikut merasakan kemeriahan festival Songkran di Thailand.

Image credit Takeaway

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com