Masjid

Ramadhan 2013

Ramadhan

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam sistem penanggalan Islam atau kalender Hijriah. Sepanjang bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa mulai Subuh hingga Maghrib. Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat Muslim harus menahan diri dari lapar, dahaga, dan nafsu serta mengendalikan perkataan dan perbuatan.

Kapan Ramadhan 2013?

Bulan Ramadhan ditentukan berdasarkan kalender Hijriyah. Oleh sebab itu, jatuhnya bulan Ramadhan pada kalender Masehi selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Ramadhan pada tahun 1434 Hijriah atau 2013 Masehi diprediksi berlangsung mulai dari Rabu, 10 Juli 2013 sampai Rabu, 7 Juli 2013. Penentuan awal bulan Ramadan yang sebenarnya baru akan diumumkan berdekatan dengan tanggalnya melalui pengamatan penampakan bulan (hilal).

Ramadhan 2013 di Indonesia

Shalat Tarawih
Di malam pertama bulan Ramadan, masjid-masjid di berbagai wilayah di Indonesia mengadakan shalat Tarawih berjamaah yang dilaksanakan setelah shalat Isya di malam hari. Biasanya, suasana shalat tarawih di Indonesia pada malam-malam pertama bulan Ramadhan akan sangat ramai, namun berangsur-angsur menjadi sepi pada minggu-minggu berikutnya. Ibadah shalat Tarawih berlangsung selama sebulan penuh sepanjang bulan puasa.

Sahur
Umat Islam yang akan berpuasa disunahkan untuk melakukan sahur atau makan pada dini hari. Sahur biasa dilakukan bersama keluarga di rumah masing-masing pada pukul 3 sampai 4 dini hari. Hampir seluruh stasiun TV di Indonesia menyiarkan program sahur pada jam-jam tersebut untuk menemani kegiatan santap sahur keluarga. Umat Muslim mulai menghentikan santap sahur ketika memasuki waktu Imsak yang menjadi peringatan bahwa waktu Subuh akan segera tiba.

Buka Puasa
Buka puasa adalah kegiatan membatalkan ibadah puasa ketika maghrib tiba atau saat matahari mulai terbenam. Biasanya, umat Muslim di Indonesia berbuka puasa dengan minum minuman manis seperti sirup, es buah, atau kolak. Menjelang buka puasa, banyak pedagang menjajakan berbagai hidangan berbuka puasa di jalan-jalan, kompleks perumahan, hingga ke pelataran masjid. Suasana menjelang buka puasa di Indonesia biasanya ramai dan ceria.

Libur Ramadan di Sekolah
Menjadi negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, bulan Ramadhan disambut dengan meriah di Indonesia. Sekolah-sekolah negeri di Indonesia biasanya memperingati awal bulan Ramadhan dengan meliburkan para siswa selama satu atau dua hari. Pada hari-hari berikutnya, jam belajar-mengajar dikurangi sebanyak satu hingga dua jam untuk memberi keringanan bagi siswa serta guru yang berpuasa. Pada bulan Ramadhan, sekolah-sekolah biasanya mengadakan kegiatan keagamaan seperti pesantren kilat, ceramah agama, dan buka pausa bersama.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com