Puasa 2013

Puasa

Puasa adalah kegiatan menahan hawa diri dari rasa lapar, haus, dan hawa nafsu sejak Subuh (sebelum matahari terbit) hingga Maghrib (saat matahari terbenam). Umat Muslim di seluruh dunia wajib melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh setiap bulan Ramadhan dalam sistem penanggalan Islan (kalender Hijriyah). Karena puasa merupakan ibadah wajib di bulan Ramadhan, maka bulan tersebut dikenal dengan nama bulan puasa di Indonesia.

Kapan Puasa 2013 / Ramadhan 2013?

Puasa 2013 dimulai pada tanggal 1 Ramadhan 1434 Hijriyah. Dalam sistem penanggalan Masehi, awal bulan Puasa 2013 kemungkinan jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013. Ibadah puasa berlangsung selama 29 atau 30 hari setiap tahunnya dan diprediksi berakhir pada Rabu, 7 Agustus 2013. Namun, keputusan mengenai awal dan akhir bulan puasa dalam kalender Masehi baru akan diumumkan pemerintah menjelang hari H berdasarkan pengamatan hilal (penampakan bulan).

Puasa 2013 di Indonesia

Sama seperti ibadah puasa yang dilakukan umat Muslim di berbagai belahan dunia, ibadah puasa di Indonesia dilakukan dengan cara menahan diri dari lapar, dahaga, dan hawa nafsu mulai Subuh hingga Maghrib selama sebulan penuh. Umat Muslim menjalani bulan suci Ramadan dengan memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Beberapa kegiatan ibadah yang ditingkatkan oleh umat Muslim di bulan puasa adalah membaca Al-Quran, melakukan shalat sunnah, dan memperbanyak zakat. Tak hanya itu, umat Muslim juga meningkatkan tali silaturahmi dengan sanak saudara, teman, dan kenalan. Umat Muslim percaya bahwa ibadah puasa harus diawali dengan hati yang bersih tanpa adanya dendam dan amarah. Oleh sebab itu, sebagian umat Muslim biasanya saling meminta maaf menjelang datangnya bulan puasa.

Shalat Tarawih
Shalat Tarawih, sering disebut sebagai teraweh atau taraweh, merupakan salah satu ibadah shalat sunnah yang dilakukan umat Islam di setiap malam bulan Ramadhan. Shalat sunnah ini dilakukan secara berjamaah di masjid sebanyak 8 sampai 20 rakaat setelah shalat Isya. Biasanya, shalat Tarawih ditutup dengan Shalat Witir sebanyak 3 rakaat. Banyaknya rakaat yang dilakukan saat shalat Tarawih bisa berbeda-beda antara satu masjid dengan yang lainnya.

Buka Puasa Bersama
Umat Muslim di Indonesia memiliki tradisi buka puasa bersama di salah satu hari di bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di kalangan keluarga besar, teman seperkumpulan, sekolah, atau organisasi tertentu. Buka puasa bersama dimaksudkan untuk mempererat hubungan sesama di bulan puasa. Hari pelaksanaan buka puasa bersama bebas tergantung kesepakatan kelompok-kelompok yang memiliki acara, namun biasanya dilakukan di akhir pekan. Kegiatan buka puasa bersama bisa berlangsung di masjid, restoran, sekolah, kantor, atau rumah.

Buka Puasa Bersama

Belanja Baju Baru
Salah satu tradisi yang dilakukan umat muslim di Indonesia saat bulan puasa adalah berbelanja baju baru untuk dikenakan saat Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Belanja baju Lebaran umumnya dilakukan di minggu terakhir bulan Ramadhan, namun banyak pula yang sudah berbelanja sejak minggu pertama bulan puasa. Biasanya, pusat-pusat perbelanjaan berlomba-lomba mengadakan diskon dan penawaran khusus untuk menarik konsumen. Tak hanya baju baru, umat Muslim juga memburu makanan, minuman, buah-buahan, parsel, dan berbagai bahan persiapan untuk menyambut hari raya.

 

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 2013!

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com