Anjungan Seni Idrus Tintin

Intip Panduan Wisata Lengkap di Kota Bertuah, Pekanbaru

Setelah banyak membahas destinasi di bagian tengah dan timur Indonesia, kini tiba waktunya untuk menyinggung destinasi di sebelah barat yaitu di Pulau Sumatera. Tak kalah dengan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, Pulau Sumatera punya banyak destinasi menarik yang menawarkan berbagai kegiatan wisata seperti wisata alam, sejarah, budaya, dan religi. Destinasi yang akan dibahas kali ini adalah Pekanbaru. Tempat-tempat menarik apa saja yang ditawarkan oleh ibukota provinsi Kepulauan Riau ini? Jawabannya dapat kamu temukan pada tulisan berikut ini.

Pekanbaru

Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa dengan tingkat urbanisasi cukup tinggi di Indonesia. Ibukota Provinsi Kepulauan Riau ini tercatat sebagai kota terbesar ketiga di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang. Meski bukan termasuk destinasi wisata utama di Indonesia, Pekanbaru cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara khususnya yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Kota ini menyimpan bangunan-bangunan berbentuk unik dan hidangan lokal yang lezat, serta memegang reputasi sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia.

Tempat Menarik di Pekanbaru
Pekanbaru memiliki banyak tempat menarik yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga, wisata realigi, dan wisata belanja. Berikut adalah daftar tempat menarik di Pekanbaru yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Masjid Agung An-Nur
Masjid Agung An-Nur merupakan sebuah masjid megah berdesain unik di Pekanbaru. Masjid yang dibangun pada tahun 1963 ini memiliki pengaruh gaya arsitektur dari Arab, India, dan Melayu. Masjid ini menjadi semacam simbol bagi provinsi Riau dan dianggap sebagai salah satu masjid termegah di Indonesia. Kemegahan bangunan Masjid Agung An-Nur membuatnya mendapat julukan Taj Mahal dari Provinsi Riau. Sekilas, bentuk Masjid Agung An-Nur memang tampak mirip dengan bangunan termegah di India tersebut. Lokasi masjid ini berdekatan dengan Gereja HKBP Katedral dan Amaris Hotel Pekanbaru.

Riau Fantasi
Riau Fantasi merupakan taman bermain terkonsep (theme park) yang berdiri di atas lahan seluas 6,5 hektar. Objek wisata ini terdiri atas dua bagian berbeda yaitu Labersa Theme Park dan Labersa Water Park yang menawarkan berbagai wahana wisata untuk berbagai kalangan usia. Di tempat ini, pengunjung bisa berenang, bermain air, bersantai, atau menguji adrenalin dengan mencoba wahana-wahana menegangkan. Bisa dibilang, Riau Fantasi merupakan kawasan wisata keluarga terbaik dan termodern di Pekanbaru.

Alam Mayang
Sama seperti Riau Fantasi, Alam Mayang juga dikenal sebagai kawasan wisata keluarga di Pekanbaru. Bedanya, Riau Fantasi memiliki konsep modern sedangkan Alam Mayang memilih konsep ruang terbuka yang hijau. Beberapa wahana yang terdapat di tempat wisata ini adalah Banana Boat, Flying Fox, Mobil Senggol, Mandi Bola, Sepeda Air, dan trek sepeda. Tersedia pula kolam pancing di pinggir danau yang bisa menjadi tempat bersantai bagi para orang tua. Banyaknya pepohonan dan tumbuhan di areal Alam Mayang membuat tempat wisata ini terasa sejuk dan asri.

Anjungan Seni Idrus Tintin
Anjungan Seni Idrus Tintin adalah sebuah bangunan yang menjadi ciri khas kota Pekanbaru. Bangunan yang berfungsi sebagai gedung pertunjukan seni ini memiliki gaya arsitektur Melayu Riau dengan ciri khas atap yang bertumpuk-tumpuk. Tak hanya sebagai gedung pertunjukan, Anjungan Seni Idrus Tintin juga telah menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Pekanbaru. Banyak wisatawan mengunjungi anjungan ini setiap harinya untuk melihat secara langsung kemegahan bangunannya atau sekedar berfoto.

Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama merupakan satu-satunya museum yang terdapat di kota Pekanbaru, Riau. Museum ini menyimpan lebih dari 4.000 koleksi benda-benda seni, budaya, dan bersejarah dari provinsi Riau. Di Museum Sang Nila Utama, terdapat Gedung Taman Budaya Riau yang sering menjadi tempat pertunjukan kesenian dan kebudayaan khas Melayu Riau. Mengunjungi Museum Sang Nila Utama, para orang tua dapat memperkenalkan budaya lokal kepada anak-anak dan mengajarkan mereka untuk tidak melupakan daerah asalnya.

Perpustakaan Soeman H.S.
Mencari referensi yang lengkap untuk karya tulis dan penelitian? Datang saja ke Perpustakaan Soeman H.S. di kota Pekanbaru. Perpustakaan Soeman H.S. merupakan perpustakaan terlengkap di provinsi Riau yang diresmikan oleh Wapres Jusuf Kalla pada tahun 2008. Setiap harinya, perpustakaan yang memiliki 6 lantai dikunjungi oleh lebih dari 1.000 orang. Bentuk bangunan Perpustakaan Soeman H.S. amat unik, mirip seperti buku yang terbuka. Mungkin, itulah sebabnya Perpustakaan Soeman H.S. tak hanya dikunjungi oleh para pelajar, peneliti, dan cendekiawan, tetapi juga wisatawan di Pekanbaru.

Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS

Akomodasi di Pekanbaru
Meski jumlahnya tak sebanyak Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, terdapat cukup banyak fasilitas akomodasi di kota Pekanbaru. Penginapan murah maupun hotel mewah dapat ditemukan di ibukota provinsi Riau ini. Tarif hotel di Pekanbaru tergolong murah, yaitu sekitar Rp200.000-Rp300.000 per malam untuk hotel budget, Rp300.000-Rp500.000 untuk hotel-hotel kelas menengah, dan sekitar Rp600.000-Rp1.000.000 per malam untuk hotel-hotel mewah bintang 4 dan 5. Tentunya, tarif murah tersebut bisa kamu dapatkan jika memesan melalui VoucherHotel.com.

Tune Hotel Pekanbaru dan Amaris Hotel Pekanbaru adalah contoh hotel budget di kota Pekanbaru. Bagi pebisnis dan wisatawan yang ingin menginap di hotel mewah, Pekanbaru punya Grand Jatra Hotel Pekanbaru dan Swiss Belinn Ska Pekanbaru. Dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, tarif hotel murah, menengah, dan mewah di Pekanbaru bisa dibilang jauh lebih rendah.

Transportasi di Pekanbaru
Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II merupakan satu-satunya bandara yang melayani kota Pekanbaru. Bandara seluas 321 hektar ini tergolong sebagai bandara tua yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulu bernama Bandara Simpang Tiga, Bandara Sultan Syarif Kasim II melayani penerbangan domestik ke Jakarta, Batam, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Tanjung Pinang, serta penerbangan internasional ke Singapura, Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Melaka. Beberapa maskapai yang melayani rute dari dan ke Pekanbaru adalah Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Air Asia, dan Lion Air.

Selain jalur udara, Pekanbaru juga bisa diakses dari jalur laut melalui Pelabuhan Pekanbaru di tepi Sungai Siak. Pelabuhan Pekanbaru tidak hanya melayani penumpang tetapi juga menjadi sarana distribusi kelapa sawit dan berbagai komoditi ekspor. Melalui jalur darat, Pekanbaru memiliki akses jalan raya yang terhubung ke kota Medan di bagian utara, kota Padang di Barat, dan Jambi di bagian selatan. Bus menjadi alat transportasi darat utama yang menghubungkan Pekanbaru dengan kota-kota lainnya di wilayah Sumatera.

Trans Metro Pekanbaru

Trans Metro Pekanbaru

Ada beberapa alat transportasi yang bisa digunakan untuk berkeliling kota Pekanbaru yaitu bus, angkot (oplet) dan taksi. Guna meningkatkan sistem transportasi di Pekanbaru, kota ini dilayani oleh Transmetro Pekanbaru sejak tahun 2009. Sama seperti TransJakarta di Jakarta, Transmetro Pekanbaru melayani berbagai tujuan di Pekanbaru dengan tarif flat yaitu Rp3.000. Tarif sebesar Rpo3.000 juga berlaku untuk layanan angkot dan oplet di ibukota provinsi Riau ini.

Image credit Ramzy Muliawan 1, PekanbaruGuy, Ramzy Muliawan 2

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com