Pantai Phra Nang

Waktunya Santai, Inilah 12 Pantai Terbaik di Thailand

Sejak lama, Thailand dianggap sebagai salah satu destinasi terpopuler di Asia Tenggara. Negara ini menawarkan kegiatan wisata yang begitu lengkap. Berbelanja, mengunjungi pagoda, dan menikmati keindahan pantai menjadi kegiatan wisata favorit di Thailand. Khusus kegiatan wisata yang terakhir, Thailand punya banyak sekali objek wisata yang tepat. Ya, Thailand yang terletak di Semenanjung Indo-China memang memiliki banyak pantai cantik yang menarik perhatian warga lokal dan wisatawan mancanegara. Berikut adalah pantai-pantai terbaik di Thailand berdasarkan Travelers’ Choice Awards 2013 dari TripAdvisor.

Pantai Terbaik di Thailand

1. Pantai Railay, Krabi
Air yang jernih dan permukaan landai berpasir putih bukanlah satu-satunya daya tarik yang dimiliki Pantai Railay. Pantai yang terletak di tengah-tengah kota Krabi dan Ao Nang ini juga menawarkan pemandangan tebing batu kapur yang mengesankan. Tebing terjal yang tertutup oleh tanaman hijau tersebut membentengi Pantai Railay di sisi kanan dan kiri.

Terhalang oleh tebing dari daratan utama Thailand, Pantai Railay hanya bisa diakses melalui jalur laut dengan menggunakan kapal. Namun, alih-alih membuat wisatawan menjauh, tebing tersebut malah menarik banyak wisatawan untuk mendaki dan menaklukannya. Pemandangan indah dan suasana yang tenang dan santai di Pantai Railay membuat pantai ini terasa sempurna untuk berwisata.

Pantai Railay

Pantai Railay

2. Pantai Phra Nang, Krabi
Berwisata di kawasan Krabi, wisatawan tak boleh melewatkan kunjungan ke Pantai Phra Nang. Pantai Phra Nang menawarkan kegiatan wisata pantai yang sesungguhnya di mana wisatawan dapat berjalan menyusuri pasir putih yang halus, berenang di air jernih kehijauan yang hangat, snorkeling untuk melihat sekumpulan ikan warna-warni, atau sekedar berjemur dan bersantai di tepi pantai. Keindahan pantai tersebut sama sekali tak terganggu dengan kehadiran pedagang makanan dan suvenir. Pasalnya, para penjual makanan di Pantai Phra Nang menawarkan dagangannya di atas perahu, bukan di kios kayu yang bisa mengurangi keindahan pantai.

Pantai Phra Nang

Pantai Phra Nang

3. Pantai Nai Harn, Phuket
Cantik dan tenang adalah dua kata yang paling tepat untuk menggambarkan Pantai Nai Harn yang terletak di dekat kawasan Karon, Phuket. Sepertinya, pantai berpasir halus ini lebih populer di kalangan warga lokal dibanding wisatawan. Pantai Nai Harn merupakan destinasi yang cocok untuk pasangan maupun keluarga. Airnya cukup tenang dan aman untuk berenang, khususnya pada bulan November hingga April. Sama seperti kebanyakan pantai di Thailand, Pantai Nai Harn juga diwarnai oleh penjaja makanan dan suvenir. Bedanya, mereka sama sekali tak memaksa wisatawan untuk membeli barang dagangannya. Malah, mereka tampak ramah dan sopan terhadap wisatawan.

4. Pantai Kata, Kathu
Pertemuan kontras antara air laut berwarna pirus dan pasir kecokelatan yang halus jadi panorama utama di Pantai Kata. Pantai yang berselimut udara hangat ini merupakan destinasi yang cukup populer bagi wisatawan keluarga di Thailand. Pantainya cocok untuk berenang, berjemur, surfing, ataupun menikmati matahari terbenam. Sementara suasana malam di sekitar pantai terasa meriah meski tak terlampau heboh. Seakan dirancang khusus untuk melindungi wisatawan dari panas, pohon-pohon palem yang teduh berbaris rapi di sepanjang pantai. Kios-kios makanan, suvenir, dan minimarket juga siap menyediakan apapun yang dibutuhkan wisatawan di Pantai Kata.

Pantai Kata

Pantai Kata

5. Pantai Lamai, Koh Samui
Salah satu kelebihan Pantai Lamai dibanding pantai-pantai lainnya di Koh Samui adalah suasananya yang cukup tenang dan sepi. Selain itu, Pantai Lamai memiliki ombak yang tenang sehingga aman untuk berenang. Sama seperti sebagian pantai lainnya di Thailand, pasir halus dan air biru juga menjadi andalan di Pantai Lamai. Perlahan, pantai ini mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil dengan dibangunnya hotel dan resor mewah. Namun, penginapan murah masih dapat ditemukan wisatawan dengan mudah di Pantai Lamai. Wisatawan yang bernyali besar bisa mencicipi hidangan daging buaya yang disajikan di salah satu restoran di tepi Pantai Lamai.

Pantai Lamai

Pantai Lamai

6. Pantai Panjang / Phra Ae, Ko Lanta
Phra Ae yang dapat diartikan sebagai Pantai Panjang merupakan pantai terbesar dan terpopuler di Koh Lanta, Thailand. Pantai berpasir keemasan ini membentang hingga sepanjang 4 km. Jajaran pohon pinus di sekeliling pantai menambah cantik penampilan Pantai Panjang yang memiliki permukaan landai. Diselimuti udara tropis yang hangat, berenang merupakan kegiatan wisata yang cocok di Phra Ae. Terlebih, pantai ini memiliki permukaan yang cukup dalam di bagian tepi dengan ombak yang tak terlalu besar. Bagian dasar pantai yang tak berbatu menjadikan Phra Ae sebagai pantai yang sempurna untuk berenang.

7. Pantai Kamala, Phuket
Meski menjadi bagian dari Phuket yang dikenal sebagai salah satu destinasi terpopuler di Thailand, Pantai Kamala sama sekali tak memperlihatkan kerumunan wisatawan. Malah, suasana di pantai indah ini terasa amat tenang dan sepi walaupun sebagian wilayah pantai telah terjamah aksi komersialisasi. Memiliki bentuk melengkung yang unik, Pantai Kamala tampak indah dan memukau. Kehadiran pasir halus yang dibentengi oleh pepohonan hijau mempercantik tampilan pantai yang berada di bagian barat Phuket tersebut. Pantai Kamala juga menjadi rumah dari para penjaja layanan pijat dan kafe-kafe lezat yang menyediakan hidangan lokal Thailand dengan harga terjangkau.

8. Pantai Kebebasan, Phuket
Lokasinya yang terisolasi membuat Pantai Kebebasan atau Freedom Beach tampak berbeda dengan tetangganya, Patong, yang selalu terlihat ramai dan glamour. Sesuai dengan namanya, pengunjung Pantai Freedom bisa melakukan berbagai kegiatan yang mereka inginkan tanpa terganggu atau mengganggu wisatawan lain.

Pasir putih dan air biru jernih di Pantai Freedom menggoda wisatawan untuk segera mengeksplor seluruh kawasan pantai. Sementara itu, pepohonan hijau yang tertanam tak beraturan di bagian tengah pulau selalu siap melindungi wisatawan dari panasnya sengatan matahari. Pantai Freedom yang dikelilingi oleh lahan-lahan pribadi hanya bisa diakses dari jalur laut dengan menggunakan kapal.

Penampakan Freedom Beach di Google Maps

Penampakan Freedom Beach di Google Maps

9. Pantai Salad, Koh Phangan
Lagi-lagi, suasana yang tenang dan damai menjadi keunggulan utama yang dimiliki oleh Pantai Salad, salah satu pantai terbaik di Thailand versi TripAdvisor. Pantai yang berlokasi di kawasan Koh Phangan ini merupakan destinasi yang tepat untuk berenang, snorkeling, ataupun melihat keindahan laut dari atas kayak. Memiliki pasir yang halus, air yang jernih, dan ombak yang tenang, Pantai Salad menggoda wisatawan untuk berenang. Sementara itu, permukaan pantai yang amat landai memungkinkan wisatawan untuk berjalan sejauh mungkin ke arah lepas pantai tanpa khawatir tenggelam.

10. Pantai Nai Yang, Phuket
Terletak di bagian barat laut Phuket, Pantai Nai Yang bisa dicapai dalam waktu hanya 5 menit dari bandara. Pantai ini amat populer di kalangan warga lokal. Daya tarik utama yang dimiliki Pantai Nai Yang adalah permukaan pantainya yang landai dan berlapis pasir halus. Wisatawan bisa berjalan-jalan di sekeliling pantai sambil memandangi lautan berwarna biru kehijauan yang membentang luas dengan batas garis cakrawala. Sebagian besar wisatawan mengunjungi Pantai Nai Yang untuk bersantai dan menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Asyiknya lagi, di sekeliling Pantai Nai Yang, wisatawan bisa menemukan restoran lokal yang menyajikan hidangan lezat dengan harga terjangkau.

Tambahan
Selain pantai-pantai terbaik versi TripAdvisor di atas, Thailand masih memiliki banyak pantai indah lainnya yang tak kalah menarik. Contohnya ialah pantai-pantai di bawah ini.

11. Teluk Maya, Ko Phi Phi
Sungguh aneh jika Maya Bay atau Teluk Maya tak dimasukkan dalam daftar pantai terbaik di Thailand. Pasalnya, teluk ini kerap disebut sebagai pantai dengan panorama terindah di Negeri Gajah Putih. Dikelilingi oleh bongkahan batu raksasa yang misterius, Maya Bay menawarkan panorama dan suasana yang benar-benar berbeda dari seluruh kawasan Thailand. Keindahan Maya Bay terabadikan dalam film “The Beach” yang dibintangi oleh aktor fenomenal Leonardo di’Caprio. Berbagai jenis ikan dan makhluk laut yang berhabitat di perairan Teluk Maya membuat kawasan tersebut populer di kalangan para penyelam.

Teluk Maya memang tak luput dari bencana tsunami dahsyat yang terjadi pada tahun 2004. Uniknya, bencana tersebut tidak mengurangi keindahan pemandangan di Teluk Maya. Sebaliknya, tsunami 2004 malah dianggap mempercantik tampilan Teluk Maya dengan mengembalikan teluk tersebut ke bentuk aslinya sebelum banyak dijamah manusia.

Teluk Maya

Teluk Maya

12. Pantai Hua Hin, Hua Hin
Berlokasi di pesisir Semenanjung Indo-China, kawasan Hua Hin punya pantai cantik yang membentang panjang sejauh mata memandang. Memiliki permukaan yang amat landai hingga ke arah lepas pantai, Pantai Hua Hin mungkin kurang cocok untuk berenang. Namun, pantai ini sangat aman untuk bagi wisatawan anak-anak dan dewasa yang ingin bermain air. Di Pantai Hua Hin, wisatawan bisa berjalan menyusuri pasir putih yang halus sambil menikmati sejuknya hembusan angin dan indahnya pemandangan laut.

Pantai Hua Hin

Pantai Hua Hin

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com