Maulid Nabi 2014

Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW, lebih sering disebut sebagai Maulid Nabi atau Maulud di Indonesia, merupakan hari besar Islam untuk merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal dalam kalender Islam. Indonesia dan beberapa negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam memperingati Maulid Nabi sebagai hari libur nasional.

Tanggal Perayaan Maulid Nabi

Maulid Nabi di Indonesia dirayakan pada tanggal 12 Rabi’ul Awal dalam penanggalan Hijriyah atau kalender Islam. Oleh sebab itu, tanggal perayaan Maulid Nabi dalam kalender Masehi terus berubah dari tahun ke tahun.

Kapan Maulid Nabi 2014 di Indonesia?
Maulid Nabi 2014 di Indonesia jatuh pada hari Senin, 13 Januari 2014.

Perayaan Maulid Nabi 2014 di Indonesia

Di Indonesia, Maulid Nabi sebagai hari libur nasional dan dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hampir seluruh instansi pemerintah, kantor swasta, dan sekolah tutup saat Maulid Nabi, namun sebagian besar pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran tetap buka seperti biasa.

Perayaan Maulid Nabi di Indonesia dilakukan dengan cara menggelar acara keagamaan seperti menyelenggarakan pengajian, lomba Adzan, kompetisi membaca Al-Qur’an, ceramah agama, serta pertunjukan Qasidah. Acara Maulidan tersebut biasanya diselenggarakan di masjid ataupun tempat luas yang dekat dengan lingkungan rumah oleh kelompok-kelompok masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam penanggalan Jawa, bulan Rabi’ul Awal dalam kalender Hijriyah disebut sebagai bulan Mulud. Sebagian umat Islam di pulau Jawa mengadakan acara Muludan untuk merayakan Maulid Nabi dengan menyelenggarakan pertunjukan-pertunjukan keagamaan serta pertunjukan tradisional seperti permainan gamelan Sekaten.

Selamat Merayakan Maulid Nabi 2014.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com
  • tips kesehatan dan kecantikan

    iya. benar sekali itu. semua umat muslim harus melaksanakan maulid nabi muhammad SAW. karena itu salah satu tanda kasih sayang kepada rasullullah SAW.

  • as pari

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ……………..

    Setiap yg melaksanakan maulid , selalu berkata karena cintanya yg sangat besar kpd Nabi SAW. Sekarang kita bertanya , kalau dibandingkan para sahabat Nabi SAW , apakah kecintaan kita berada di atas kecintaan para sahabat kepada Rasulullah SAW.. Toh mereka tidak pernah merayakan maulid , bahkan setelah Nabi SAW wafat , para sahabat tak buat itu maulid , tahlilan untuk Nabi SAW , baik yg 7 hari , 40 hari , 100 hari , haulan. Anehnya lagi sekarang acara maulid , saat baca marhaban diledakkan mercun / petasan , saat Ustadz-nya datang / pulang juga diledakkan mercun / petasan , AJARAN APA LAGI INI !!!!….

    Padahal , semasa Nabi SAW hidup beberapa anak beliau ada yg meninggal dunia lebih dahulu , bahkan Siti Khadijah yg sangat beliau cinta dan sayangi dan beberapa sahabat beliau juga ada yg meninggal ketika beliau masih hidup. Tolong tunjukkan riwayatnya atau dalilnya ( Al-Qur’an maupun As-Sunnah ) yg mendukung bahwa kegiatan ini ada dilakukan oleh Nabi SAW dan para sahabat beliau.

    Saya pernah bertanya kepada ulama/ustadz yg melakukan tahlilan / haulan / maulidan . Mereka beralasan itukan dan inikan baik. Sekarang kita bertanya , ini itu baik menurut siapa , karena Rasulullah SAW tentu lebih tau mana yg terbaik buat ibadah umatnya dan para sahabat ( utamanya Khalifatur Rasyidin ) lebih tahu mana dengan kita, , mana-2 yg baik untuk mempertebal ke-Imanan / ke-Islaman kita ketimbang umat-2 yg datang kemudian , apalagi kita yang ke-Imanan dan ke-Islamannya masih terlalu rendah , berani-2 bilang ini itu baik……

    Syukran

  • http://yahoo.co.id Khairunnisa

    Sekolah2 jg sering ngadain acara maulidan..
    Biasanya murid2 suruh datang pake baju muslim, trs dengerin ceramah deh…