Masjid Istiqlal

Megahnya Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki ratusan ribu masjid yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Hingga Maret 2013, jumlah masjid di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 290.000 unit. Di antara sekian banyak masjid di Indonesia, Masjid Istiqlal bisa dibilang sebagai masjid terpopuler yang menjadi simbol kota Jakarta sekaligus simbol umat Muslim di Indonesia. 

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal (Istiqlal Mosque) adalah rumah ibadah umat Islam yang berlokasi di jantung kota Jakarta. Letak Masjid Istiqlal tak jauh dari tempat-tempat wisata dan bangunan penting di Jakarta, di antaranya, Monumen Nasional, Gereja Katedral Jakarta, Istana Merdeka, dan kawasan wisata belanja Jakarta yaitu Pasar Baru. Dengan diameter kubah sebesar 45 meter dan tinggi menara mencapai 96 meter, Masjid Istiqlal dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung 200.000 jamaah sekaligus.

Desain dan Bentuk Bangunan Masjid
Pembangunan Masjid Istiqlal dimulai tahun 1951 dengan diprakarsai oleh Presiden Soekarno. Dibangun hanya 6 tahun berselang Kemerdekaan Republik Indonesia, masjid ini diberi nama Istiqlal yang bermakna merdeka dalam bahasa Arab. Masjid Istiqlal dibangun dengan gaya arsitektur modern yang tampak sederhana namun tetap terkesan megah dan kokoh.

Bangunan utama masjid terdiri dari 5 lantai dan 1 lantai dasar. Lantai dasar digunakan sebagai ruang perkantoran dan pertemuan, kamar mandi, toilet, dan tempat wudhu, sementara lantai atas difungsikan sebagai tempat ibadah. Marmer yang melapisi dinding dan lantai masjid membuat udara di dalam Masjid Istiqlal terasa sejuk dan nyaman. Sejuknya udara di dalam  Masjid Istiqlal juga disebabkan oleh desain bangunan yang memiliki banyak jendela dan ruang terbuka.

Di bagian luar bangunan utama masjid, terdapat lapangan, menara tunggal, taman, air mancur, dan tempat parkir yang bisa menampung hingga 800 kendaraan. Lingkungan masjid dibatasi dengan gerbang dan 7 buah pintu gerbang agar pengunjung bisa masuk dari berbagai arah. Meski bangunannya amat luas, Masjid Istiqlal selalu penuh oleh jamaah pada momen-momen spesial seperti saat pelaksanaan salat Idul Fitri dan Idul Adha. Kawasan Masjid Istiqlal juga sering menjadi lokasi pembagian zakat, pemotongan hewan kurban, dan acara buka puasa bersama bagi anak yatim dan fakir miskin.

Masjid Istiqlal sebagai Simbol dan Objek Wisata Jakarta
Tak hanya sebagai tempat ibadah dan pelaksanaan acara keagamaan, Masjid Istiqlal juga menjadi salah satu objek wisata populer di Jakarta yang kerap dikunjungi oleh wisatawan Muslim dan non-Muslim. Namun, ada beberapa bagian masjid yang tak boleh dimasuki oleh pengunjung non-Muslim. Setiap pengunjung yang datang diharapkan berpakaian sopan mengingat fungsi utama dari Masjid Istiqlal adalah sebagai tempat ibadah.

Kepopuleran Masjid Istiqlal telah terdengar hingga ke mancanegara hingga tokoh-tokoh terkenal dunia tertarik untuk mengunjungi masjid di bilangan Jakarta Pusat ini. Beberapa tokoh terkemuka dunia yang pernah mengunjungi Istiqlal adalah Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan sang istri Michelle Obama, Mantan Presiden AS Bill Clinton, Kanselir Jerman Angela Merkel, Pangeran Charles dari Inggris, Presiden Austria Heinz Fischer, juga Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Image credit Gunawan Kartapranata

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com