Manila

Serunya Wisata di Kota Terpadat di Dunia, Manila

Meski berperan sebagai ibukota Filipina, Manila jarang dilirik oleh wisatawan. Mirip seperti Jakarta yang sering dijadikan tempat singgah menuju Bogor, Bandung, atau bahkan Bali, Manila seringkali hanya dilewati oleh wisatawan yang hendak menuju kawasan wisata populer di Filipina seperti Pulau Boracay, Cebu, dan Bohol. Tapi jangan salah. Manila juga punya banyak tempat menarik yang mampu membuat wisatawan lupa akan polusi, kesibukan dan kemacetan di kota tersebut.

Tempat Menarik di Manila

Menjadi jajahan Spanyol selama lebih dari 300 tahun membuat kota Manila kaya akan bangunan-bangunan kuno dengan gaya arsitektur Eropa dan monumen peninggalan zaman penjajahan. Bangunan dan monumen inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Manila. Kota terpadat di dunia ini juga memiliki koleksi kawasan wisata belanja, gedung kesenian, taman, dan kebun binatang. Berikut adalah beberapa tempat menarik yang ada di Manila.

1. Rizal Park
Rizal Park, juga dikenal sebagai Luneta Park, bisa dibilang sebagai simbol kota Manila, sama seperti Monas di Jakarta. Berlokasi di jantung kota Filipina, Rizal Park menjadi tempat favorit bagi penduduk lokal untuk berkumpul dan bersantai. Taman ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena didirikan di tempat eksekusi Dr. Jose Rizal, pahlawan nasional Filipina. Monumen Rizal didirkan di Rizal Park untuk mengenang pengorbanan Dr. Jose Rizal serta semangat juang rakyat Filipina.

Rizal Park

Rizal Park

2. Manila Cathedral
Wisatawan yang berkunjung ke Manila wajib singgah ke Manila Cathedral  atau Manila Metropolitan Cathedral-Basilica. Basilika megah di Manila ini telah berusia lebih dari 500 tahun dan mengalami kerusakan selama beberapa kali. Sadar akan tingginya nilai sejarah dan potensi wisata yang dimiliki, pemerintah lokal memperbaiki Manila Cathedral secara bertahap dan melakukan renovasi berkala. Kini, Manila Cathedral menjadi salah satu daya tarik utama di ibukota Filipina.

3. Kebun Binatang Manila
Kebun Binatang Manila, lengkapnya dikenal dengan nama Kebun Binatang dan Taman Botani Manila, merupakan tempat yang tepat untuk berwisata bersama keluarga. Kebun binatang seluas 5,5 hektar ini menjadi rumah dari 800 hewan yang terbagi menjadi 100 spesies berbeda. Setiap tahun, Kebun Binatang Manila dikunjungi oleh jutaan wisatawan. Mayoritas wisatawan datang berkunjung di akhir pekan dan hari libur nasional. G Hotel Manila By Waterfront bisa menjadi akomodasi yang tepat saat berkunjung ke Kebun Binatang Manila.

4. Museum Nasional Filipina
Penggemar wisata sejarah tak boleh melewatkan kunjungan ke Museum Nasional Filipina. Museum utama di Manila ini menampilkan sejarah, seni, budaya, dan gambaran penduduk Filipina sejak sebelum zaman penjajahan. Bentuk bangunan yang megah dan unik serta lokasinya yang strategis juga menjadi salah satu faktor yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Museum Nasional Filipina.

Museum Nasional Filipina

Museum Nasional Filipina

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata, menyaksikan kehidupan penduduk lokal Manila juga bisa menjadi kegiatan yang menarik. Mayoritas penduduk Manila adalah penganut agama Katolik yang taat. Kondisi tersebut terlihat jelas saat perayaan Hari Besar Katolik ketika sebagian besar jalan dan gereja di Filipina akan dipadati oleh warga. Manila juga menjadi lokasi dari berbagai festival tahunan yang meriah seperti Festival Tahun Baru, Festival Olahraga Musim Panas, Semana Santa, Flores de Mayo, dan masih banyak lagi.

Akomodasi di Manila

Salah satu alasan wisatawan mancanegara tertarik mengunjungi kota-kota di Asia Tenggara adalah karena murahnya biaya wisata yang harus dikeluarkan. Tak terkecuali dengan Manila. Kota ini memiliki banyak pilihan hotel dengan harga yang terjangkau. Hotel budget di Manila memasang tarif hanya sekitar Rp200.000-Rp350.000 per malam. Contoh hotel murah Manila yang bisa dipilih wisatawan adalah Metro Room Budget Hotel, Golden City Hotel, dan Dangay Suites.

Pengunjung kota Manila yang datang untuk urusan bisnis bisa menginap di hotel-hotel ramah bisnis yang banyak tersedia di jantung kota Manila. Makati Shangri-la Hotel, Manila Marriott Hotel, dan Vivere Hotel adalah beberapa hotel mewah dan ramah bisnis di ibukota Filipina. Tarif hotel-hotel ini berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000 per malam.

Transportasi di Manila

Manila bisa diakses melalui jalur udara, air, dan darat. Sebagian besar wisatawan mancanegara di Manila masuk melalui Bandara Internasional Ninoy Aquino yang tercatat sebagai bandara tersibuk di Filipina. Bandara ini melayani penerbangan domestik dari dan ke Cebu, Bacolod, Davao, Iloilo, Puerto Princesa, dan rute lokal lainnya, serta penerbangan internasional yang menghubungkan Manila dengan Beijing, Tokyo, Busan, Hong Kong, Bangkok, Denpasar, Jakarta, juga beberapa kota di Asia, Eropa, dan Australia.

Bandara Internasional Ninoy Aquino

Bandara Internasional Ninoy Aquino

Untuk transportasi air, ibukota Filipina ini memiliki Manila South Harbor (Pelabuhan Selatan Manila) bisa diakses menggunakan feri dari berbagai kota dan pulau di Filipina. Dari bandara atau pelabuhan, wisatawan bisa menggunakan bus, taksi, atau jeepney (sejenis angkot di Filipina) yang banyak terdapat di berbagai kawasan di Manila.

Image credit theurbanhistorianGabo Haili, Elmer B. Domingo, Mithril Cloud

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com