Lebaran 2013 – Hari Raya Idul Fitri 2013

Lebaran / Hari Raya Idul Fitri

Di Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Idul Fitri dikenal dengan nama Hari Raya Idul Fitri atau secara informal disebut sebagai Lebaran. Lebaran adalah hari libur nasional paling penting di Indonesia, berlangsung selama satu hingga 2 minggu. Tanggal perayaan Lebaran ditentukan berdasarkan pengamatan penampakan bulan. Hari libur resmi untuk perayaan Idul Fitri di Indonesia berlangsung selama 2 hari, namun perusahaan swasta maupun kantor pemerintah biasa memberikan cuti bersama kepada para karyawan.

Kapan Lebaran 2013 / Idul Fitri 2013?

Tanggal Lebaran 2013 / Hari Raya Idul Fitri 2013
Hari pertama lebaran 2013 di Indonesia kemungkinan akan jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013. Harap dicatat bahwa hari raya Islam dihitung berdasarkan pengamatan terhadap penampakan bulan. Oleh sebab itu, tanggal pasti dari Lebaran 2013 biasanya baru diumumkan 1 atau 2 hari menjelang perayaan.

Hari libur resmi untuk Idul Fitri 2013 di Indonesia berlangsung selama 2 hari. Artinya, libur Lebaran 2013 jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013 dan Jumat, 9 Agustus 2013. Namun, dalam praktiknya banyak perusahaan libur jauh lebih lama dengan adanya cuti bersama. Libur Lebaran yang diberikan lembaga pemerintah dan perusahaan berkisar antara 5 hari sampai 2 minggu.

Tanggal Lebaran 2011 & 2012

Tanggal Lebaran 2011 / Hari Raya Idul Fitri 2011
Lebaran 2011 / Hari Raya Idul Fitri 2011 jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011.

Tanggal Lebaran 2012 / Hari Raya Idul Fitri 2012
Lebaran 2012 / Hari Raya Idul Fitri 2012 jatuh pada hari Minggu, 19 August 2012.

Cuti Bersama & Liburan Lebaran 2013
Cuti Bersama Idul Fitri 2013 (untuk PNS dan sebagian pegawai swasta):
Senin, 5 Augustus 2013
Selasa, 6 Agustus 2013
Rabu, 7 Agustus 2013

Libur Idul Fitri 2013 / Libur Lebaran 2013:
Kamis, 8 Agustus 2013
Jumat, 9 Agustus 2013

Perayaan Idul Fitri 2013

Perayaan Lebaran

Pada pagi hari Idul Fitri 2013, Muslim akan bangun pagi dengan sarapan kecil, diikuti dengan pelaksanaan shalat Ied di masjid atau lapangan yang mampu menampung banyak orang. Selesai shalat, umat Muslim di Indonesia biasanya mengunjungi tetangga, keluarga, dan sanak saudara untuk bersilahturami dan meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan.

Ketupat, makanan khas Lebaran

Tunjangan Hari Raya Idul Fitri

Selain mendapat jatah libur, setiap karyawan di Indonesia secara hukum berhak mendapatkan bonus gaji menjelang Lebaran, atau lebih dikenal dengan istilah Tunjangan Hari Raya(THR). Jumlah bonus gaji ini dimandatkan sesuai dengan standar gaji minimum provinsi.

Sebagai contoh, di wilayah Jakarta bonus THR minimal yang harus dibayarkan perusahaan untuk karyawan yang telah bekerja selama setahun atau lebih adalah Rp 1 juta. Tetapi, jumlah tersebut tidak boleh kurang dari gaji penuh karyawan selama satu bulan dan harus dibayar sebelum Idul Fitri, bersama dengan gaji regulernya. Pemotongan THR merupakan pelanggaran hukum perburuhan yang sangat serius dan dapat dihukum berat, tanpa memandang status atasan atau majikan.

Lebaran / Idul Fitri di Jakarta

Idul Fitri adalah hari libur terbesar di Indonesia. Bisnis pakaian dan berbagai kebutuhan Lebaran berada di masa tersibuk selama bulan Ramadhan. Pada minggu-minggu terakhir bulan puasa, pusat perbelanjaan modern maupun pasar tradisional dipenuhi dengan orang-orang yang hendak berbelanja baju, sepatu, perlengkapan shalat, bahan makanan, dan berbagai keperluan untuk merayakan Idul Fiti 2013. Sebaliknya, beberapa minggu pertama setelah perayaan adalah minggu tenang untuk bisnis dan lalu lintas.

Di Jakarta, di mana kemacetan yang berlangsung selama berjam-jam sudah bukan hal yang luar biasa, perbedaan besar dapat dirasakan selama Lebaran. Jalan-jalan protokol yang biasanya padat dengan kendaraan terlihat lengang dan sepi. Bahkan, pengendara mobil atau motor mungkin saja menyusuri jalan beberapa kilometer tanpa berpapasan dengan kendaraan lain.

Hampir seluruh bank, lembaga pemerintah dan kantor-kantor swasta tutup selama perayaan Idul Fitri 2013 atau Lebaran 2013 ini. Rencanakan perjalanan dan urusan resmi dengan baik agar tidak mendapat kesulitan nantinya.

Ucapan Lebaran

Berikut adalah ucapan umum selama Lebaran:
- Selamat Hari Raya Idul Fitri !
- Mohon Maaf Lahir Batin !
- Minal Aidin Wal Faizin !

Selamat Lebaran 2013 !
Selamat Hari Raya Idul Fitri 2013 !

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com
  • Pingback: Idul Adha 2013 - Lebaran Haji 2013

  • Pingback: Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara

  • sendeng

    podo omong opo too jane kiii

  • sendeng

    SAK iki ws ora wayah e ndebatne masalh bodo (hari raya), hari raya iku kanggo wong sg poso2… podo2 ora posone ra sah ndebatne bodo

  • wawan

    sing genah kwe lek dwe web ojok mencla mencle
    sempakkkkkkkkkkkkk

  • aprijal barudak scmc

    tahun ini mungkin lebaran dengan serentak kali ya !!!!

  • Pingback: Tips Tampil Cantik di Hari Lebaran

  • Cuti Bersama

    Tahun 2013 cuti bersama lebarannya 3 hari loh..
    Dari tanggal 5-7 Agustus….

  • http://google.co.id Mudik Lebaran

    Wuih, masalah mudik-ga-mudik aja bisa jadi ribet begini ya,,, hargailah keputusan orang lain,, mau mudik atau engga itu urusan masing-masing,,,,

  • http://id.publicholiday.org/calendar/lebaran-2013/ Wahyudin

    Tradisi mudik dan pakai baju baru saat lebaran sudah berlangsung sejak lama di Indonesia. Jadi tidak akan bisa hilang begitu saja.

  • Indah_Damayanti

    Semoga Idul Fitri yg akan datang membawa kebaikan dan kedamaian bagi kita semua, amiien.

  • http://facebook.co.id Karyawan Swasta

    Lebaran – dapet THR – mudik – silaturahmi – balik ke Jakarta – THR abis – kerja lagi….

  • Medan

    Pemerintah Indonesia gak becus..!! Lebaran idul fitri di negara indonesia harusnya mengikuti negara Arab Saudi. Karena arah kiblat kita mengikuti Ka’bah. Ini tidak..!! macam main judi atau tebak2kan untuk lebaran tahun ini di buat..!! Pesan untuk pak mentri agama : Kalau gak bisa jadi mentri agama untuk negara Indonesia. Bagusan mundur aja..!!

    Karena seharusnya lebaran idul fitri untuk umat islam NU di negara Indonesia ataupun di dunia..!!! Harusnya hari ini pada tanggal 30/Agustus/2011.

  • Nana Jockel
  • saskia khairunnisa

    kurang lengkap…isi lebaran.y seharus.y ada gambar untuk membuktikan bahwa lebaran jatuh pada tanggal 31

  • http://www.facebook.com mzauki

    aku ingin lebaran tahun depan bisa barengan di seluruh indonesia ok dari ; m.zauki winarto yg ada di lawang / malang

  • muhammad Rosid

    untuk bang sofyan253 ,dimohon jangan mengambil surat alquran setengah
    setengah karena akan salah tafsir…..

    yang merugi itu seperti apa….apakah tepat diaplikasikan dalam kondisi
    mudik…. dan ingatlah saat seseorang mengatakan sesuatu halal itu
    adalah haram dosanya sama dengan saat ia mengatakan sesuatu yang harum
    itu adalah halal.

    semoga Alloh merahmati kita dunia akhirat. amin..

  • Den_sumbawa

    Peradaban fitrah kita laksana Kapas yng melambung tinggi di udara yang
    tidak tentu di mana jatuhnya.
    Lewat moment idhul Fitri 1432 H ini, mudah-mudahan dapat kita jadikan
    ajang refleksi dan introspeksi diri setelah 1 bulan penuh kita
    berjihad melawan hawa nafsu. Amiin..

  • wiwied karimun

    semoga perbedaan penentuan kapan idul fitri nya, tidak menjadikan
    adanya perbedaan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT…
    Selamat idul fitri 1432h….

  • brown

    Sedikit saran,pada bagian ucapan lebaran, sebaiknya tidak menggunakan
    tanda seru. Tanda seru biasanya dipakai untuk memberi perintah,
    menunjukkan emosi marah, dan berteriak. terima kasih

  • Afdalul Rizal

    Motto Ureung Aceh Jakjet Berang Kaho Uroe Makmegang Ngon Uroe Raya Woe Urumoh

  • http://jeparadisemebeland.com bahri_jepara

    slmt hari raya idul fitri mohon maap lhr batin,, thank infonya, tukeran link yuk

  • M. Afif Nur T. Bale

    Lebaran tahun ini, apa ya …… ?
    Met Idul Fitri aja tuk semua, semoga kita kembali menjadi fitri.

  • M. Afif Nur

    ‘Idul Fitri tahun ini, apa ya ….. ?
    Semoga kita kembali menjadi fitri, walaupun kita tak bisa PULKAM alias pulang kampung.

  • andre M’lintasi L’ngit J’ngga

    met hari raya wat smua saudara seiman d mnapun kalian berada…..
    minal aidin wal faidzin….

  • LINA

    jangan permasalahin mudik gak mudik sobat. yg jelas mudik bg orang yg jauh rumahnya sangat berkesan di hari raya idul fitri ini, klo yang ngerasa gak mudik akan bilang bahwa mudik itu ngerugiin karena mereka tdak ngerasain bagaimana rasanya kumpul bareng keluarga yg lama ditinggalin, nah pas momen lebaran ini mereka banyak libur kerja, kuliah, atau sebaginya lah, so, mudik gak rugi kok.

  • sudin

    banyak bacot lo pada,brisik aja lo smua..lo mau mudik apa g,tu urusan masing” aja

  • bebek


    sofyan253:

    Mudik Lebaran seperti tahun2 yl lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya. Banyak orang mudik terbawa emosi dan meninggalkan pertimbangan2 rasional. Alasannya mudik untuk silaturrahmi dg Orangtua dan Sanak Keluarga. Kenapa harus pada waktu yg ramai, mengorbankan uang dan waktu lebih banyak dari normalnya? Para Ulama dan Pemerintah selama ini gagal mengingatkan Masyarakat utk bertindak rasional. Surat AL’ASHRI tidak dilaksanakan : Demi masa. Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian………..dst

    halah, orang mudik mo silaturahmi disalahkan, Ulama disalahkan, pemerintah disalahkan. Parahnya, pake bawa2 ayat lagi….kacau juga ni orang. Ga mutu…

  • http://mancitaz.co.cc delta

    selamat hari raya idul fitri 1432H …

  • DADAN SUDRAJAT

    hari raya i’dul fitri harus jadi formasi untuk mempertahankan ksucian diri kita dpandangan Allah SWT..jgn jdkan iblis berhasil membuat kita dibenci kembali Allah

  • http://my.opera.com/denisiswan DEnis

    Bro,,lu mesti ingt org jawa berfalsafah “makan ga makan asal kumpul” Ini yang memicu adanya mudik.Betapa tidak,udah lama ga pulang2 pasti meraka akan menentukan HR Idul fitri sebagai waktu yang tepat cz pd wkt itu org2 akan ketemu di kampungnya masing2.Jd pas kan akhirnya mereka pada kumpul di kampung…
    Menurut saya yang perlu diperhatikan pemerintah adalah perbaikan infra struktur lalu lintas ( jln jgn pada rusak,penambahan armada kendaraan,juga pemberantasan pungli dan copet)

  • http://www.mainusa.info cheng

    wah berbeda lagi yah ??? bukannya awal ramadhan bareng ???

  • http://www.dharma-as.com tambun

    Manusia Itu Rasional kok…… jika mereka merasa dirugikan maka ya mereka tidak melakukannya…… yah kalo anda merasa rugi maka lakukanlah…… kalo melihat cuma dari sudut pandang anda maka ya hanya itu….. ingat di dalam keburuka ada kebaikan dan sebaliknya, karena mana bisa kita melihat kebaikkan tanpa ada keburukan.,.,, Alright ( T – )???

  • Faried Soefyandi

    terima kasih, info dengan cakupan lengkap

  • sofyan253

    Mudik Lebaran seperti tahun2 yl lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya. Banyak orang mudik terbawa emosi dan meninggalkan pertimbangan2 rasional. Alasannya mudik untuk silaturrahmi dg Orangtua dan Sanak Keluarga. Kenapa harus pada waktu yg ramai, mengorbankan uang dan waktu lebih banyak dari normalnya? Para Ulama dan Pemerintah selama ini gagal mengingatkan Masyarakat utk bertindak rasional. Surat AL’ASHRI tidak dilaksanakan : Demi masa. Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian………..dst