Masjid Nabawi

Mari Sucikan Hati di Hari yang Fitri, Lebaran 2014

Setelah berpuasa menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu, selama satu bulan penuh, sudah waktunya umat Muslim merayakan Hari Kemenangan. Hari Kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang suci ketika umat Muslim kembali ke fitrah dan saling meminta maaf dan memaafkan segala kesalahan yang pernah diperbuat oleh dirinya dan orang lain. Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri lebih dikenal dengan istilah Lebaran. 

Lebaran 2014

Lebaran dirayakan setelah bulan Ramadhan berakhir, tepatnya pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah. Mengingat perbedaan sistem penghitungan tanggal antara kalender Hijriyah dan Masehi, tanggal perayaan Lebaran dalam kalender Masehi selalu berubah dari tahun ke tahun. Penentuan tanggal Lebaran dilakukan berdasarkan pengamatan hilal atau penampakan bulan satu atau dua hari menjelang perkiraan jatuhnya 1 Syawal.
Kapan Lebaran 2014 / Hari Raya Idul Fitri 2014?
Tanggal Lebaran 2014 / Tanggal Idul Fitri 2014
Lebaran / Idul Fitri 2014 di Indonesia kemungkinan akan dirayakan pada hari Senin, 28 Juli 2014, dan Selasa, 29 Juli 2014.

Harap diingat bahwa tanggal Lebaran 2014 di atas hanya merupakan perkiraan. Tanggal Lebaran yang sebenarnya baru akan diumumkan satu atau dua hari menjelang perayaan Lebaran.

Penampakan Bulan

Penampakan Bulan

Liburan dan Cuti Bersama Lebaran 2014
Lebaran merupakan hari libur utama di Indonesia. Libur resmi Lebaran setiap tahun berlangsung selama 2 hari yaitu pada hari pertama dan kedua Lebaran. Namun, mayoritas sekolah, lembaga pemerintah, dan perusahaan swasta di Indonesia tutup selama satu hingga 2 minggu selama perayaan Lebaran. Berikut adalah perkiraan liburan dan cuti bersama Lebaran 2014.

Libur Lebaran 2014 / Libur Idul Fitri 2014:
Senin, 28 Juli 2014
Selasa, 29 Juli 2014

Cuti Bersama Lebaran 2014/ Cuti Bersama Idul Fitri 2014:
Rabu, 30 Juli 2014
Kamis, 31 Juli 2014
Jumat, 1 Agustus 2014

Perayaan Lebaran di Indonesia
Perayaan Lebaran di Indonesia berlangsung dalam nuansa yang sakral, namun tetap meriah. Terdapat beberapa tradisi Lebaran yang dilakukan umat Muslim di Indonesia, di antaranya:

Salat Id
Tak hanya di Indonesia, umat Muslim di berbagai belahan dunia memulai perayaan Lebaran dengan melakukan salat Ied, salat sunah yang dilangsungkan 2 kali dalam setahun yaitu pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Salat Id umumnya dilangsungkan di masjid. Namun, banyak pula penduduk yang melangsungkan Salat Id di lapangan atau jalan yang mampu menampung banyak jamaah.

Zakat Fitrah
Zakat Fitrah adalah semacam sumbangan yang wajib dibayarkan umat Muslim sebelum salat Id selesai dilaksanakan. Umumnya, umat Islam membayar zakat fitrah pada bulan Ramadan. Zakat harus dibayarkan dalam bentuk makanan pokok (beras, tepung, gandum, kurma) seberat 2,7 kg. Di Indonesia, zakat fitrah biasanya diserahkan dalam bentuk beras atau uang dengan nilai yang setara dengan harga beras 2,7 kilogram. Pembayaran zakat fitrah dimaksudkan untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung.

Silaturahmi
Bersilaturahmi atau saling mengunjungi keluarga, tetangga, kerabat, dan kenalan menjadi tradisi yang tak bisa lepas dari perayaan Idul Fitri. Tujuan dari kunjungan adalah untuk meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan serta menjaga agar hubungan tetap baik dan tali silaturahmi tetap terjaga. Biasanya, umat Muslim di Indonesia melakukan kunjungan sambil mengenakan pakaian terbaiknya. Inilah yang kemudian memunculkan tradisi belanja baju baru menjelang Lebaran.

Baju Baru
Mengenakan baju baru seolah menjadi kewajiban bagi sebagian umat Muslim di Indonesia. Tak heran jika pusat-pusat perbelanjaan selalu penuh sesak oleh pengunjung antara satu dan dua minggu sebelum Lebaran. Department Store, butik, hingga toko-toko kecil berlomba-lomba memberikan diskon dan penawaran khusus untuk menarik pembeli. Tak hanya baju baru, umat Muslim biasanya juga berburu sepatu, tas, alat salat, juga makanan dan buah-buahan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Mudik Lebaran
Libur panjang dan tradisi silaturahmi selama perayaan Lebaran memunculkan tradisi Lebaran lainnya di Indonesia yaitu mudik Lebaran. Mudik atau pulang ke kampung halaman dilakukan oleh mayoritas pendatang di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan Bali. Biasanya, pemudik mulai berangkat ke kampung halaman masing-masing sekitar seminggu hingga 2 hari menjelang Lebaran. Lalu lintas keluar Jakarta pun menjadi luar biasa padat sementara tiket bus, kereta, dan pesawat meningkat hingga berkali-kali lipat.

Situasi Mudik Lebaran

Situasi Mudik Lebaran

Tunjangan Hari Raya (THR)
Melonjaknya keperluan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia bisa diatasi dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR). Ini barangkali merupakan tunjangan yang paling ditunggu-tunggu oleh para pegawai swasta di Indonesia. Besar THR ditetapkan oleh pemerintah setidaknya 1 bulan gaji bagi karyawan yang telah bekerja lebih dari 1 tahun di perusahaan tertentu. THR inilah yang menjadi modal mereka untuk berbelanja keperluan Lebaran dan ongkos mudik Lebaran.

Ucapan Lebaran
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah.
Selamat Lebaran 1435 Hijriyah.
Minal Aidin Wal Faizin.
Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Image credit Omar Chatriwala, James Jordan, Coris

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com