Lebaran 2013

Lebaran

Lebaran, disebut juga sebagai Hari Raya Idul Fitri, adalah hari besar bagi umat agama Islam untuk merayakan datangnya bulan Syawal dalam kalender Islam. Bagi umat muslim, Lebaran merupakan hari kemenangan setelah mereka berhasil menahan lapar, haus, dan nafsu selama satu bulan penuh pada bulan suci Ramadhan. Lebaran diperingati sebagai hari libur nasional dan tercatat sebagai hari libur terbesar di Indonesia.

Tanggal Lebaran 2013 di Indonesia

Kapan Lebaran 2013 di Indonesia?
Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2013 diperingati pada 1 Syawal 1434 Hijriyah dalam sistem penanggalan Islam. Berdasarkan kalender Masehi, Lebaran 2013 kemungkinan jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013. Di Indonesia, perayaan Lebaran berlangsung selama 2 hari pada Kamis dan Jumat, 8 dan 9 Agustus 2013.

Harap diingat bahwa penentuan Hari Raya Idul Fitri ditetapkan berdasarkan penampakan hilal atau pengamatan penampakan bulan, sehingga tanggal pasti dari perayaan Lebaran 2013 baru akan ditentukan di hari-hari terakhir bulan puasa.

Libur Lebaran 2013 di Indonesia

Libur lebaran di Indonesia berlangsung selama 2 hari yaitu Kamis, 8 Agustus 2013 dan Jumat, 9 Agustus 2013. Meski demikian, pemerintah telah mengumumkan cuti bersama selama 3 hari menjelang libur Lebaran yaitu pada Senin, Selasa, dan Rabu tanggal 5, 6, dan 7 Agustus 2013. Dengan demikian, karyawan swasta ataupun pegawai negeri yang memiliki 5 hari kerja setiap minggu bisa merasakan libur Lebaran selama satu minggu penuh.

Perayaan Lebaran di Indonesia

Perayaan Lebaran di Indonesia identik dengan baju baru serta hidangan ketupat dan opor ayam. Menjelang perayaan Lebaran, umat Islam di Indonesia memiliki tradisi berbelanja baju baru untuk dikenakan di hari Lebaran. Oleh sebab itu, pusat-pusat perbelanjaan di berbagai wilayah Indonesia selalu ramai oleh pengunjung di hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Namun, ada hal yang lebih penting dari hal tersebut yaitu kegiatan silaturahmi dan saling bermaafan dengan keluarga, saudara, teman, dan seluruh kenalan.

Di hari pertama Lebaran, umat Islam berbondong-bondong pergi ke masjid atau lapangan di pagi hari untuk melakukan ibadah Shalat Ied. Ibadah Shalat Ied dilakukan secara berjamaah sebanyak 2 rakaat dan dilanjutkan dengan khotbah atau ceramah keagamaan. Selesai Shalat Ied, umat Islam di Indonesia umumnya meminta maaf kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal serumah. Kemudian, mereka juga bersilaturahmi dan meminta maaf kepada para saudara dan tetangga.

Tradisi Mudik Lebaran
Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang penyebaran penduduknya kurang merata. Para penduduk yang sehari-hari mengadu nasib di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya biasanya kembali ke kampung halamannya masing-masing di musim libur Lebaran.

Kondisi jalan raya di beberapa wilayah Indonesia, terutama di jalur Pantura menjadi jauh lebih padat dibanding biasanya. Sebagian pemudik bahkan menghabiskan waktu berhari-hari di jalan sebelum tiba di kampung halaman tercinta. Namun, perjuangan berat tersebut tidak menyurutkan minat mayoritas penduduk di Indonesia untuk melakukan tradisi mudik Lebaran.

Image credit Gunawan Kartapranata

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com