Marhaban Ya Ramadhan, Mari Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan… Selamat datang bulan Ramadhan. Hari ini, sebagian umat Muslim di Indonesia sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bagi yang tak terbiasa berpuasa, hari pertama mungkin terasa berat mengingat tidak akan ada asupan makanan mulai Subuh hingga Magrib nanti. Beberapa kegiatan di bawah ini mungkin membuat kita melupakan rasa lapar dan dahaga di samping memperbanyak pahala. 

6 Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan

1. Membaca Al Qur’an / Tadarus Al Qur’an
Bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan menguatkan iman. Di bulan suci ini, setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan umat Muslim akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Membaca atau tadarus Al Qur’an menjadi kegiatan yang amat baik untuk mengisi bulan Ramadhan. Banyak umat Muslim menargetkan khatam Al-Quran mulai awal bulan puasa hingga sebelum Lebaran.

2. Membersihkan Rumah
Berpuasa juga bisa diisi dengan kegiatan membersihkan atau merapikan rumah hingga ke sudut-sudut yang jarang dijangkau sebelumnya. Ketika Idul Fitri tiba, saudara dan tetangga biasanya akan berkunjung ke rumah. Tentu memalukan jika kondisi rumah kotor dan berantakan. Daripada kerja bakti menjelang Idul Fitri, lebih baik merapikan rumah sedikit demi sedikit selama bulan puasa.

3. Mencoba Resep Masakan dan Kue
Di bulan Ramadhan, banyak majalah menampilkan resep makanan dan minuman yang cocok untuk berbuka puasa. Bereksperimen di dapur dengan mencoba membuat menu makanan tersebut bisa membuat waktu terasa cepat berlalu. Tapi, jangan keasyikan mencicipi masakan yang kamu buat ya! Jika sukses mencoba resep baru, hidangan yang kamu buat bisa disajikan untuk keluarga, dibagikan ke tetangga atau disumbangkan sebagai takjil di masjid.

Ilustrasi Memasak

Ilustrasi Memasak

4. Membaca Buku
Membaca buku menjadi kegiatan favorit banyak orang di bulan puasa. Buku bisa menambah ilmu pengetahuan sekaligus membawa kita menyelami alam imajinasi. Sama seperti memasak, baca buku bisa bikin kita lupa waktu hingga tak terasa waktu berbuka sudah hampir tiba. Sebagian besar buku baik untuk dibaca di bulan puasa, khususnya buku-buku agama misalnya kisah perjalanan nabi.

5. Mendengarkan Ceramah Agama
Ibadah bukan cuma bisa dilakukan dengan kegiatan aktif. Kegiatan pasif seperti mendengarkan ceramah agama juga bisa menjadi ibadah bagi umat Muslim di bulan Ramadhan. Dengan mendengarkan ceramah, kita bisa memperkaya pengetahuan kita tentang agama serta mengetahui kebaikan dan keburukan dari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan menurut pandangan Islam.

6. Berbuka atau Sahur Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa
Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung. Dengan menahan lapar dan haus selama bulan puasa, kita bisa menyadari penderitaan kaum miskin yang harus menahan lapar setiap hari. Sementara itu, anak yatim tak bisa merasakan bahagianya sahur dan buka puasa bersama orang tua. Kita bisa meringankan penderitaan mereka dengan memberi shodaqoh atau mengajak mereka sahur dan buka puasa bersama.

Ilustrasi Buka Puasa Bersama

Ilustrasi Buka Puasa Bersama

Selain 6 kegiatan di atas, masih banyak kegiatan bulan Ramadhan yang biasa dilakukan umat Muslim di Indonesia. Namun, tak semuanya dianggap baik di mata agama. Sebagai contoh, umat Islam di Indonesia punya tradisi “Ngabuburit” yang artinya “menunggu waktu berbuka puasa”. Meski menyenangkan, tradisi yang berasal dari daerah Sunda ini dianggap menyia-nyiakan waktu dan sedikit bertolak belakang dengan ajaran agama. Kini, Ngabuburit tak hanya populer di Jawa Barat tetapi juga Jakarta dan berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

Image credit Jenny PooleRootology, Arisdp

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com