Isra Mi’raj 2013

Isra Mi’raj

Isra Mi’raj adalah hari raya bagi umat Islam untuk memperingati dua bagian dari perjalanan Nabi Muhammad SAW yang ditempuh hanya dalam satu malam. Nama Isra Mi’raj sendiri berasal dari kata Isra (perjalanan malam) dan Mi’raj (tangga) yang mewakili bagian dari perjalanan malam Nabi Muhammad SAW.

Tanggal Peringatan Isra Mi’raj

Umat Islam di berbagai belahan dunia memperingati Isra Miraj setiap tanggal 27 bulan Rajab berdasarkan sistem penanggalan Hijriyah (kalender Islam). Oleh sebab itu, tanggal perayaan Isra Mi’raj dalam kalender Masehi selalu berubah-ubah setiap tahunnya.

Kapan Isra Mi’raj 2013
Isra Miraj 2013 jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2013.

Kapan Isra Mi’raj 2014?
Isra Miraj 2014 jatuh pada hari Minggu, 25 Mei 2014.

Latar Belakang Perayaan Isra Mi’raj

Isra Mi’raj dirayakan untuk memperingati dua bagian dari perjalanan malam Nabi Muhammad SAW. Bagian pertama yaitu Isra dimulai ketika Malaikat Jibril menemui Nabi Muhammad SAW untuk mengajak-Nya menempuh perjalanan ke Masjidil Aqsa hanya dalam satu malam dengan mengendarai buraq – kuda tercepat dari surga.

Bagian kedua dari perjalanan malam Nabi Muhammad SAW, Mi’raj, adalah ketika beliau menempuh perjalanan keliling surga dan bertemu dengan Nabi Adam AS, Nabi Musa AS, serta Nabi Isa AS. Buraq juga membawa Nabi Muhammad SAW menemui Allah SWT; pada saat itulah Allah memberi perintah kepada umat Islam melalui Nabi Muhammad untuk mengerjakan ibadah shalat 5 waktu.

Perayaan Isra Mi’raj 2013 di Indonesia

Umat Islam di Indonesia merayakan Isra Mi’raj dengan menyelenggarakan acara-acara keagamaan seperti pembacaan Al-Qur’an, ceramah agama, pertunjukan marawis atau qasidah, dan lain sebagainya. Acara tersebut biasanya dilangsungkan di masjid-masjid ataupun tempat luas yang mampu menampung banyak orang di sekitar lingkungan rumah.

Di Indonesia, Isra Mi’raj merupakan hari libur nasional di mana hampir seluruh siswa, karyawan swasta, dan pegawai instansi pemerintah mendapat libur. Banyak penduduk Indonesia, baik Muslim maupun non-Muslim memanfaatkan hari libur Isra Mi’raj untuk berkumpul bersama keluarga dan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Meski demikian, sebagian umat Muslim berpendapat bahwa momen Isra Mi’raj tidak dimaksudkan untuk bersenang-senang dan bersantai melainkan untuk memperbanyak ibadah dan menguatkan iman kepada Allah SWT.

Selamat Memperingati Isra Mi’raj 2013.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com
  • Peringatan Isra Mi’raj

    Mari perbanyak amal dan ibadah serta perkuat iman kita terhadap Allah SWT