Imlek 2014

Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek, biasa disebut sebagai Imlek di Indonesia, merupakan festival terpenting bagi orang Tionghoa dan keturunan Tionghoa di berbagai belahan dunia. Festival tersebut merayakan datangnya hari pertama di bulan pertama berdasarkan kalender Cina, sekaligus merayakan datangnya musim semi. Di Indonesia, Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional ketika seluruh pegawai negeri, karyawan swasta, dan murid-murid sekolah mendapat jatah libur selama satu hari.

Di Cina dan negara-negara yang didominasi oleh warga keturunan Cina, perayaan Tahun Baru Imlek biasa berlangsung selama 15 hari dan diakhiri dengan Cap Go Meh yang secara harfiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama. Cap Go Meh juga sering disebut sebagai Festival Lentera karena adanya tradisi memasang lentera, lampu warna-warni, dan lilin oleh warga keturunan Tionghoa selama perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh.

Tanggal Perayaan Imlek

Tahun Baru Imlek dirayakan di hari pertama bulan pertama berdasarkan kalender Cina yang mengacu pada peredaran bulan. Oleh sebab itu, tanggal perayaan Imlek terus berubah dari tahun ke tahun berdasarkan kalender Masehi.

Kapan Tahun Baru Imlek 2014 di Indonesia?
Berdasarkan kalender Imlek 2014, maka Tahun Baru Imlek 2014 di Indonesia jatuh pada hari Jumat, 31 Januari 2014.

Perayaan Imlek di Indonesia

Di bawah pemerintahan mantan Presiden Soeharto pada tahun 1968-1999, Imlek dilarang untuk dirayakan secara terbuka di Indonesia. Barulah pada masa pemerintahan mantan Presiden Abdurrahman Wahid di tahun 2000, perayaan Imlek diperbolehkan dan Tahun Baru Imlek dijadikan hari libur fakultatif (hari libur hanya bagi mereka yang merayakannya). Pada tahun 2003, ketika mantan Presiden Megawati Soekarnoputri berkuasa, Tahun Baru Imlek diresmikan sebagai hari libur nasional di Indonesia.

Perayaan Tahun Baru Imlek dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa yang bermukim di berbagai wilayah di Indonesia. Umumnya, Tahun Baru Imlek dirayakan dengan adanya pertunjukan Barongsai dan Liong yang merupakan kesenian tradisional Cina. Tempat-tempat rekreasi di Indonesia seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, sampai Pantai Kuta di Bali juga mengadakan pertunjukan Barongsai atau Liong pada momen Tahun Baru Imlek. Salah satu tempat rekreasi di Ancol, Seaworld, biasanya menampilkan atraksi yang luar biasa untuk para pengunjung di saat Tahun Baru Imlek yaitu berupa pertunjukan Barongsai dan Liong yang dilakukan di bawah air oleh para penyelam berpengalaman.

Mengingat tempat-tempat wisata di Indonesia biasanya padat oleh pengunjung saat Tahun Baru Imlek, banyak penduduk yang memilih tinggal di rumah di hari tersebut. Hari libur Tahun Baru Imlek biasanya dimanfaatkan sebagai momen untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga bagi penduduk yang bukan merupakan keturunan Cina di Indonesia. Sementara di kalangan keturunan Cina, biasanya moment ini dimanfaatkan untuk saling berkunjung, terutama ke rumah sanak-saudara. Angpao yaitu amplop merah berisi uang, biasanya diberikan kepada anak-anak dan orang tua sebagai pertanda pembawa keberuntungan di tahun yang baru.

Zodiac Cina

Keturunan Tionghoa mengenal 12 hewan zodiac untuk melambangkan tahun, di mana masing-masing tahun dipercayai akan membawa keberuntungan sesuai sifat hewan zodiac tahun tersebut. Hewan zodiac tersebut adalah tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi. Tahun 2014 adalah tahun kuda di penanggalan Cina, dengan itu maka Tahun Baru Imlek 2014 melambangkan pergantian dari tahun ular ke tahun kuda.

Selamat Tahun Baru Imlek 2014 !
Gōngxǐ fācái !
Kung hei fat choi !
Kiong hi huat cai !
Kiong hi fat choi !
Xīnnián kuàilè !

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com
  • nunna purple

    ikut ucapin Gong xi fat cai yaa buat yng merayakan :D gk ketinggalan amplop nya klo hari imlek 2014 udah datang :D

    betewe kenapa tradisi imlek selalu disertai dengan makanan khas yaitu dodol ?? hehehe

  • liburan ke cina

    semoga tahun baru imlek di tahun berikutnya bisa menjadi berkah bagi kita semua .. amin ..

  • Pingback: Tempat Menarik di Chinatown Singapura

  • Willy

    Gonx Xi Fat Chai !!!!
    X?nnián kuàilè
    Wan Se Ru Yi

  • http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/01/21/keriuhan-mudik-imlek-di-china/ diian suafi

    kalo ngerayain imlek langsung di negara cina enak x yaa ?? bisa liat tradisinya yang masih asli.
    tau ga sih kalo mudik terheboh di dunia itu adanya di cina menjelang imlek. jadi tradisi mudik bukan hanya ada di indo lho.

  • http://id.publicholiday.org/calendar/tahun-baru-cina/ devy

    tiap mau imlek, di supermarket pasti ada jeruk mandarin sama kue-kue cina. tp enak jg sih. :P

  • Imlekan

    Selamat Imlek!
    Minta angpaunya dong!

  • http://live.com Kampung China

    Pas imlek mending jangan ke Kampung China di Cibubur deh. Perayaan imleknya sih meriah, tapi macetnya minta ampun!

  • Lim_Devi

    Gong Xi Fat Cai !
    Semoga semua diberikan kesuksesan, kesehatan, dan damai sejahtera dalam hidupnya.

  • http://yahoo.com libur_imlek

    wah, imlek 2013 jatuhnya hari sabtu!
    Jumatnya ga ada cuti bersama nih???

  • http://msn.com Selamat Imlek

    Selamat Tahun Baru Imlek bagi yang merayakan!
    Semoga keberuntungan dan kesehatan yang baik menyertai kita semua.

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Baru_Imlek Tahun Ular

    Imlek 2013 nanti kita memasuki Tahun Ular..

  • Melina

    Kalo pas imlek hujan itu pertanda bagus ya?