Idul Fitri 2013

Idul Fitri, sering disebut sebagai Hari Raya Idul Fitri atau Hari Lebaran di Indonesia, adalah hari raya bagi umat Muslim untuk merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Oleh sebab itu, Idul Fitri juga dikenal dengan nama Hari Kemenangan. Di Indonesia, Idul Fitri menjadi salah satu hari libur terbesar ketika seluruh karyawan swasta, pegawai negeri, dan anak sekolah mendapat libur selama kurang lebih satu minggu. 

Tanggal Idul Fitri 2013

Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam sistem penanggalan Hijriah. Dengan adanya perbedaan waktu sebanyak 11 hari antara kalender Hijriyah dan Masehi, tanggal Idul Fitri dalam kalender Masehi biasanya maju 11 hari dibanding tahun sebelumnya. Di Indonesia, Idul Fitri dirayakan selama 2 hari pada tanggal 1 dan 2 Syawal.

Kapan Perayaan Idul Fitri 2013 di Indonesia?
Perayaan Idul Fitri 2013 atau Idul Fitri 1434 Hijriah diperkirakan jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013 dan Jumat, 9 Agustus 2013. Tanggal pasti dari perayaan Idul Fitri atau Lebaran 2013 baru akan diumumkan berdasarkan pengamatan penampakan bulan (hilal) menjelang hari H.

Tradisi Idul Fitri 2013 di Indonesia

Di hari Idul Fitri, seluruh umat Islam di Indonesia bersuka cita setelah berjuang menahan nafsu, lapar, dan dahaga sepanjang bulan Ramadhan. Masakan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, atau rendang biasanya dihidangkan di hari Idul Fitri untuk dinikmati bersama keluarga. Umat Islam diharamkan berpuasa di hari yang suci ini.

Ketupat, Hidangan Khas Lebaran di Indonesia

Shalat Ied
Umat Muslim memulai perayaan Idul Fitri dengan melaksanakan ibadah Shalat Ied di pagi hari. Shalat Ied merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha secara berjamaah di masjid ataupun lapangan yang dapat menampung orang banyak. Pelaksanaan shalat Ied dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah atau ceramah agama. Biasanya, khotbah yang disampaikan berkaitan dengan zakat, silaturahmi, dan hari kemenangan.

Zakat Fitrah
Zakat Fitrah harus diserahkan oleh umat Muslim yang berkecukupan sejak pertengahan bulan puasa hingga sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Nantinya, zakat fitrah akan dibagi-bagikan kepada kaum dhuafa (miskin), anak yatim dan piatu, panitia pengurus zakat, juga golongan kurang beruntung lainnya. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan umat Muslim adalah 2,5 kilogram beras atau uang setara harga beras tersebut.

Baju Baru
Mengenakan pakaian baru sudah menjadi tradisi perayaan Idul Fitri di Indonesia. Biasanya, umat Islam sudah berburu pakaian baru untuk dikenakan saat Lebaran di minggu-minggu terakhir bulan puasa. Pada momen tersebut, sebagian besar pusat perbelanjaan di seluruh wilayah Indonesia dibanjiri oleh konsumen. Pakaian dan sepatu baru biasanya dikenakan ketika bersilaturahmi ke keluarga besar, tetangga, teman, dan kenalan.

Ziarah ke Makam
Ziarah ke makam keluarga yang telah meninggal dunia juga menjadi salah satu tradisi Idul Fitri di Indonesia. Biasanya, umat Muslim mengunjungi makam untuk membacakan doa serta membersihkan makam dari kotoran dan daun-daunan. Tradisi ini dimaksudkan untuk mengingat dan mengirimkan doa di hari raya kepada anggota keluarga yang telah tiada.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com