Memaknai Hari Raya Idul Adha 2013

Idul Adha, juga dikenal sebagai Lebaran Haji di Indonesia, adalah hari besar Islam untuk memperingati peristiwa Kurban. Peristiwa Kurban ialah hari ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan anaknya sendiri, Nabi Ismail, demi mematuhi perintah Allah SWT. Nabi Ismail diselamatkan oleh Allah SWT dan kurbannya digantikan dengan seekor domba. Untuk memperingati peristiwa tersebut, umat Muslim merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan dan membagikannya kepada kaum muslimin lainnya.

Idul Adha 2013

Hari Raya Idul Adha dirayakan 70 hari setelah perayaan Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 10 Zulhijjah dalam kalender Islam. Sama seperti hari besar Islam lainnya, penetapan Hari Raya Idul Adha dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap bulan. Oleh sebab itu, tanggal perayaan Idul Adha biasanya baru diumumkan sekitar 10 hari menjelang Hari Raya Idul Adha.

Tanggal Idul Adha 2013
Kapan Idul Adha 2013?
Idul Adha 2013 kemungkinan jatuh pada hari Selasa, 15 Oktober 2013. Harap diingat bahwa tanggal tersebut baru berupa perkiraan. Tanggal perayaan Idul Adha yang sebenarnya baru akan diumumkan beberapa hari menjelang hari raya.

Perayaan Idul Adha di Indonesia
Perayaan Idul Adha di Indonesia tak jauh berbeda dengan perayaan di negara-negara mayoritas muslim lainnya. Umat muslim berbondong-bondong menuju masjid untuk melakukan shalat Id pada pagi hari. Setelahnya, dilaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban oleh para panitia kurban di lingkungan masing-masing.

Hewan kurban bisa berupa kambing, domba, sapi, ataupun unta yang sehat dan sudah cukup umur (kambing lebih dari 1 tahun, sapi lebih dari 2 tahun, dan unta lebih dari 5 tahun). Hewan yang akan dikurbankan juga tak boleh berpenyakit atau memiliki cacat pada seluruh bagian tubuhnya. Sementara itu, umat muslim yang hendak berkurban harus menyerahkan hewan kurban sebelum hari Idul Adha, dan hewan kurban harus dibeli dari uang sendiri, bukan dari hasil hutang atau pinjaman.

Hewan Kurban

Hewan Kurban

Selain melakukan shalat Id dan berkurban, sebagian umat Muslim di Indonesia merayakan Idul Adha dengan mengunjungi makam sanak saudara. Mereka berziarah sambil membacakan doa, membersihkan makam, dan terkadang menaburkan bunga serta menyiramkan air mawar di makam anggota keluarga atau leluhur yang telah tiada.

Ketika umat muslim di Indonesia tengah merayakan Idul Adha, sebagian lainnya sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah. Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke-5 dan menjadi salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang mampu. Pelaksanaan ibadah haji berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 8-10 Zulhijah. Perayaan Idul Adha merupakan hari terakhir dari pelaksanaan ibadah haji.

Libur dan Cuti Bersama Idul Adha 2013
Indonesia merayakan Idul Adha sebagai hari libur nasional. Mengingat Hari Raya Idul Adha kemungkinan jatuh pada hari Selasa, sebagian besar departemen pemerintah memberikan cuti bersama kepada karyawan pada hari Senin, 14 Oktober 2013. Cuti bersama biasanya juga diikuti oleh sebagian kantor swasta di Indonesia. Para pegawai yang memiliki 5 hari kerja bisa menikmati long weekend hingga 4 hari mulai Sabtu, 12 Oktober hingga Selasa, 15 Oktober 2013. Libur yang panjang biasanya dimanfaatkan warga Jakarta untuk mudik ke kampung halaman.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com