Logo Hut RI ke-68

Merdeka! Dirgahayu Republik Indonesia ke-68

68 tahun sudah Indonesia merdeka. Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini merupakan hasil dari jerih payah, keringat, dan darah para pejuang kemerdekaan yang tanpa pamrih dan tak kenal lelah melawan penjajah. 17 Agustus adalah waktu yang tepat untuk mengenang jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan pada tahap selanjutnya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat serta meninggikan harkat dan martabat Republik Indonesia di mata dunia. Dirgahayu Bangsaku. Semoga terus maju…

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68

Tema Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68
Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-68 pada Sabtu, 17 Agustus 2013. Tema dari Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68 adalah “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Perekonomian Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”. Dari tema tersebut, tampak jelas bahwa kesejahteraan rakyat menjadi prioritas utama dalam memaknai peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia. Menjaga kestabilan politik dan perekonomian merupakan langkah utama untuk mewujudkannya.

Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68

Logo Hut RI ke-68

Logo Hut RI ke-68

Tradisi Peringatan HUT Kemerdekaan RI
Hari Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dirayakan sebagai hari libur nasional di Indonesia. Hampir seluruh perusahaan swasta tutup dan pegawainya diliburkan. Namun, siswa sekolah dan pegawai kantor pemerintah diwajibkan datang di pagi hari untuk mengikuti upacara bendera.

Satu hari sebelum Hari Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pidato Kenegaraan Presiden ditayangkan secara langsung oleh stasiun TV dan radio nasional. Disarankan bagi warga negara Indonesia untuk megikuti siaran tersebut.

Pada pagi hari tanggal 17 Agustus 2013, Upacara Pengibaran Bendera Sangsaka Merah Putih dan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di halaman istana negara. Di tempat yang sama 68 tahun yang lalu, mantan Presiden Soekarno beserta rekan-rekan seperjuangan dan dengan disaksikan oleh warga sekitar mengibarkan bendera merah putih dan memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dari segala bentuk penjajahan.

Sementara itu, masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke umumnya merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan mengadakan berbagai macam perlombaan. Panjat pinang, makan kerupuk, dan balap karung menjadi jenis lomba yang paling sering diselenggarakan untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI. Perayaan ini seringkali disebut sebagai Agustusan atau tujuhbelasan (17an) oleh warga, mirip seperti sebutan 4 Juli (4th of July) bagi peringatan Kemerdekaan AS.

Suasana peringatan HUT Kemerdekaan di Indonesia sebenarnya sudah terasa sejak awal bulan Agustus. Masyarakat biasanya mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah mereka. Sementara itu, untaian bendera merah putih kecil dan umbul-umbul dipasang di sekitar lingkungan rumah. Biasanya, tiap-tiap kompleks, wilayah, atau RT juga membentuk panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI sejak jauh-jauh hari. Tugasnya adalah menentukan jenis acara dan perlombaan, menentukan hadiah, dan mencari sumber dana untuk kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI di wilayahnya masing-masing.

Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com