Berani Daki 10 Gunung Tertinggi di Indonesia??

Indonesia tergolong sebagai negara yang unik. Menjadi negara kepulauan, Indonesia memiliki jumlah pulau paling banyak di dunia. Sebagian pulau di Indonesia menjadi rumah dari gunung-gunung super tinggi dengan ketinggian rata-rata lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Namun, ketinggian tersebut bukannya membuat ciut nyali para pendaki tapi justru malah menantang mereka untuk menaklukkan puncaknya. Bagi para pendaki pemberani, 10 gunung tertinggi di Indonesia berikut menunggu untuk ditaklukkan. 

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya, Papua
Puncak Jaya, juga dikenal dengan nama Carstenz Pyramid, menjadi titik tertinggi di Indonesia dan Oseania. Menjadi bagian dari Barisan Sudirman (barisan pegunungan di Papua), Puncak Jaya memiliki ketinggian hingga 4.884 meter di atas permukaan laut. Karena ketinggian tersebut, bagian atas Puncak Jaya selalu tertutup oleh salju. Puncak Jaya menjadi satu dari sedikit tempat bersalju di Indonesia. Sebagai gunung tertinggi di Oseania, Puncak Jaya masuk ke dalam daftar 7 Summits atau 7 Puncak. Banyak pendaki yang mencoba menaklukkan Puncak Jaya, namun tak semuanya berakhir dengan sukses.

Puncak Jaya

Puncak Jaya

2. Puncak Mandala, Papua
Gunung tertinggi kedua di Indonesia – Puncak Mandala – juga berlokasi di Papua. Gunung yang menjulang setinggi 4.760 meter ini merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya di sebelah timur Papua. Pada tahun 90′an, kawasan tertinggi di Puncak Mandala kerap tertutup oleh salju, namun pemanasan global telah melumerkan salju di Puncak Mandala. Sejak tahun 2003, salju tak lagi terlihat menutupi titik tertinggi kedua di Indonesia dan Oseania tersebut. Namun, Puncak Mandala tetap menjadi salah satu tantangan terberat bagi para pendaki gunung dari dalam dan luar Indonesia.

Lokasi Puncak Mandala di Google Earth

Lokasi Puncak Mandala di Google Earth

3. Puncak Trikora, Papua
Masih di Papua, Puncak Trikora (Wilhemina Peak) dapat ditemukan di sebelah timur Barisan Sudirman. Sama seperti Puncak Mandala, salah satu puncak tertinggi di Papua ini dulunya diselimuti oleh salju namun sejak tahun 1962, tak terlihat lagi salju di Puncak Trikora. Berdiri kokoh setinggi 4.750 meter, Puncak Trikora sempat dianggap sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Namun, data dari SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa Puncak Trikora kalah tinggi dari tetangganya, Puncak Mandala.

Puncak Trikora di Google Earth

Lokasi Puncak Trikora di Google Earth

4. Ngga Pilimsit, Papua
Ngga Pilimsit berada di kompleks pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua dan Indonesia. Dibanding gunung-gunung tertinggi lainnya, Gunung Ngga Pilimsit hanya lebih rendah beberapa puluh meter. Tinggi maksimal Ngga Pilimsit adalah 4.717 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung yang dulunya dikenal dengan nama Gunung Idenburg tersebut berada di bagian barat pegunungan Maoke, Papua. Ngga Pilimsit berjarak sekitar 21 km ke arah timur laut dari pemuncak tahta gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya.

Lokasi Ngga Pilimsit di Google Earth

Lokasi Ngga Pilimsit di Google Earth

5. Gunung Kerinci, Jambi
Tak hanya Papua, Pulau Sumatera juga memiliki pegunungan dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter. Gunung Kerinci salah satunya. Gunung yang berlokasi di wilayah Kerinci provinsi Jambi ini memiliki ketinggian maksimal 3.805 meter hingga tercatat sebagai gunung tertinggi di Sumatera dan gunung tertinggi ke-5 di Indonesia. Terletak di pegunungan Bukit Barisan di wilayah Sumatera Barat dan Jambi, Gunung Kerinci menjadi habitat dari beberapa satwa langka seperti harimau dan badak Sumatera.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

6. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani menjulang indah di salah satu surga wisata Indonesia yaitu Lombok. Gunung yang disebut-sebut sebagai gunung terindah di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Keindahan Gunung Rinjani menggoda banyak pencinta alam dan penikmat fotografi untuk mendaki. Di bagian dalam Gunung Rinjani, terdapat danau kawah bernama Segara Anak yang menyempurnakan keindahan Gunung Rinjani di mata para pendaki. Meski berada di ketinggian ribuan kilometer, air di Segara Anak tak terasa dingin karena adanya hawa panas dari dasar Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

7. Gunung Semeru, Jawa Timur
Menjulang setinggi 3.676 meter, Gunung Semeru (Mahameru) tercatat sebagai gunung tertinggi di seluruh wilayah Pulau Jawa. Sejak lama, Gunung Semeru telah membuat penasaran para pendaki dari dalam dan luar negeri. Namun, kepopuleran Gunung Semeru kian meningkat setelah beredarnya film “5 cm” yang menceritakan perjuangan 5 sahabat yang berusaha mencapai Puncak Mahameru. Pendakian Gunung Semeru bukanlah hal yang mudah mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dan menuruni gunung ini bisa mencapai 4 hari. Para pendaki Gunung Semeru bisa berangkat dari wilayah Malang ataupun Lumajang di Jawa Timur.

Gunung Semeru

Gunung Semeru

8. Gunung Sanggar
Gunung Sanggar berada di kompleks pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani. Tinggi gunung yang terletak di wilayah Lelongken, Nusa Tenggara Barat, ini mencapai 3.492 meter di atas permukaan laut. Meski termasuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Sanggar kurang populer dibanding gunung lainnya. Barangkali, perhatian para pendaki sudah terfokus pada Gunung Rinjani yang lebih menonjol dari
Sanggar.

Lokasi Gunung Sanggar di Google Earth

Lokasi Gunung Sanggar di Google Earth

9. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan
Gunung Rantemario, juga dikenal dengan sebutan Bulu Rantemario atau Bulu Rantemario, dapat ditemukan di provinsi Sulawesi Selatan. Dengan ketinggian 3.478 meter, Gunung Rantemario merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Namun, beberapa pihak berpendapat Gunung Rantemario kalah tinggi dibanding Gunung Rantekombola yang terletak di wilayah pegunungan yang sama.

Bulu Rantemario

Bulu Rantemario

10. Gunung Slamet, Jawa Tengah
Di Jawa Tengah, Gunung Slamet menjadi salah satu tujuan pendakian terpopuler. Gunung berapi aktif di perbatasan Kabupten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang ini terkenal memiliki pemandangan yang indah, meski medan pendakiannya cukup sulit. Di kaki Gunung Slamet, terdapat objek wisata Baturraden yang menjadi andalan pariwisata kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas.

Gunung Slamet

Gunung Slamet

Tips Mendaki Gunung dengan Aman

Mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah. Dibutuhkan kesiapan fisik dan mental serta tingkat kewaspadaan dan kehati-hatian yang tinggi agar bisa mencapai puncak gunung dan kembali ke kaki gunung dengan selamat. Berikut adalah beberapa tips agar aman saat mendaki gunung-gunung tinggi di Indonesia.

  • Siapkan fisik dengan cara berolahraga secara teratur sebelum mendaki.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dengan telapak yang kasar agar tak mudah tergelincir.
  • Bawa perbekalan secukupnya, tidak kurang namun tidak berlebihan.
  • Siapkan jaket tebal, sleeping bag, perlengkapan masak kecil, senter, dan kotak P3K.
  • Cari tahu kondisi cuaca di gunung sebelum berangkat. Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mendaki jika cuaca tak memungkinkan.
  • Siapkan jas hujan. Cuaca di gunung mudah berubah. Meski sedang cerah, langit bisa menjadi gelap seketika.
  • Banyak-banyaklah berdoa dan memohon keselamatan pada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com
  • tips kesehatan dan kecantikan

    menakjubkan

  • yumi

    wah salah nih… masih ada gunung latimojong yang lebih tinggi dari
    gunung sanggar..sekedar info gunung latimojong letaknya di sulawesi
    selatan tepatnya di kab.enrekang, ketinggian 3680 m