Gunung Krakatau

Kenali Budaya dan Kesenian Lampung Lewat Festival Krakatau 2013

Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari ratusan suku bangsa, Indonesia punya banyak festival tradisional yang meriah. Salah satu festival tradisional terbesar di Indonesia dapat kamu saksikan di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung. Festival Krakatau-lah yang dimaksud. Festival budaya terbesar di Sumatera ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan budaya dan potensi wisata Lampung ke mata dunia.

Festival Krakatau

Festival Krakatau merupakan sebuah event budaya tahunan yang berlangsung di Lampung, bagian paling selatan di Pulau Sumatera. Nama festival ini berasal dari gunung berapi teraktif di dunia, Krakatau, yang menjadi salah satu ikon pariwisata Lampung. Awalnya, Festival Krakatau diselenggarakan untuk memperingati peristiwa letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Kini, Festival Krakatau menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan budaya dan wisata Lampung bagi wisatawan Indonesia dan dunia.

Ada Apa di Festival Krakatau 2013?
Setiap tahun, Festival Krakatau menampilkan budaya dan kesenian Lampung dalam bentuk tari-tarian, nyanyian, pawai pakaian adat, serta bazar kuliner. Ada pula kegiatan tur ke Gunung Krakatau yang bisa diikuti oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Setelah meletus pada tahun 1883, Gunung Krakatau menyisakan bukit kecil yang dikenal dengan sebagai Anak Gunung Krakatau. Menyaksikan keindahan Anak Gunung Krakatau di tengah hamparan laut Selat Sunda akan menjadi pengalaman tiada dua.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Tur Gunung Krakatau
Tur ke Gunung Krakatau bisa dilakukan dari kawasan Kalianda atau dari dermaga Desa Canti di Lampung dengan menggunakan perahu rakyat atau speed boat. Hotel-hotel di kawasan wisata pantai di provinsi Banten seperti Anyer dan Carita juga menyediakan tur ke Gunung Krakatau menggunakan speed boat dalam waktu kurang lebih 90 menit. Sementara itu, hotel mewah di Carita seperti Sol Elite Marbela kerap menyediakan tur Krakatau dengan menggunakan helikopter.

Kapan Festival Krakatau 2013?
Festival Krakatau 2013 akan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu, 26 Oktober 2013 pukul 14.00 hingga Minggu, 27 Oktober 2013 pukul 17.00.

Di Mana Festival Krakatau 2013 Diselenggarakan?
Kabupaten Lampung Selatan telah ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Krakatau 2013. Gunung Krakatau memang menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Selatan, namun selama ini Festival Krakatau 2013 kerap diselenggarakan di kota Bandar Lampung. Diharapkan, penunjukan kabupaten Lampung Selatan sebagai lokasi Festival Krakatau 2013 dapat memajukan dunia pariwisata dan mendorong pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

Image credit flydime

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com