Pura Besakih

Memahami Daya Tarik Wisata Sang Pulau Dewata

Berbicara tentang keindahan Bali tak akan ada habis-habisnya. Pulau Dewata ini memiliki banyak tempat menarik yang mengundang rasa penasaran wisatawan. Tempat-tempat menarik di Bali didominasi oleh kawasan wisata pantai yang berpasir putih dengan air jernih kebiruan. Keindahan pantai Bali disempurnakan oleh kehadiran beragam fasilitas pendukung wisata seperti hotel, kafe, restoran, dan pusat-pusat perbelanjaan di sekitarnya.

Tempat Menarik di Bali

Ada banyak sekali tempat menarik di Bali sehingga sulit untuk dirincikan satu per satu. Di antara seluruh kawasan wisata yang ada di Bali, tempat-tempat di bawah ini dapat dikategorikan sebagai destinasi wisata terpopuler di Pulau Dewata.

1. Kuta
Nama Kuta tentunya sudah tak asing lagi di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara di Bali. Pemandangan matahari terbenam di tepi pantai Kuta terkenal sangat indah dan romantis sehingga kawasan ini menjadi destinasi bulan madu yang cukup populer. Selain itu, pantai Kuta memiliki permukaan yang landai dengan pasir halus dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk melakukan berbagai kegiatan wisata pantai seperti berjemur, bermain voli pantai, berselancar, dan lain sebagainya. Kuta juga memiliki banyak penginapan murah dengan tarif di bawah Rp300.000 per malam di antaranya Hotel S8, Everyday Smart Hotel, dan Sapta Petala.

2. Ubud
Berbeda dengan sebagian besar destinasi wisata populer di Bali, Ubud bukan merupakan kawasan wisata pantai yang berpasir putih dan halus. Ubud menawarkan wisata alam dan pedesaan dengan adanya sawah dan hutan kehijauan yang dibatasi oleh jurang-jurang di gunung. Kawasan ini juga terkenal sebagai pusat kebudayaan dan seni di Bali karena kehadiran berbagai galeri lukis, pusat kerajinan tangan, dan sanggar seni. Pertunjukan seni berupa musik dan tarian dapat disaksikan setiap malam di seluruh penjuru Ubud secara bergantian. Ubud cocok untuk wisatawan yang mendambakan ketenangan dan kenyamanan wisatawan selama menikmati liburan.

Ubud

Ubud

3. Sanur
Sanur merupakan kawasan wisata pantai yang terletak di sebelah Timur kota Denpasar, Bali. Sama seperti tempat wisata pantai lainnya di Bali, Pantai Sanur memiliki permukaan landai yang berpasir halus. Keindahan pemandangan matahari terbit di Pantai Sanur amat terkenal sehingga pantai ini mendapat julukan “Sunrise Beach” atau “Pantai Matahari Terbit”. Untuk menambah kenyamanan para pengunjung yang ingin menyaksikan matahari terbit, di tepi pantai Sanur dibangun senderan,  pondok-pondok kecil dan jogging track. Tak seperti Kuta yang cocok untuk tempat surfing, Pantai Sanur lebih dikenal sebagai kawasan menyelam dan snorkeling karena ombaknya yang tenang.

4. Seminyak
Seminyak dikenal sebagai kawasan wisata eksklusif yang menjadi lokasi dari berbagai hotel, resort, restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan mewah di Bali. Tarif hotel dan resort di Seminyak umumnya lebih mahal dibanding destinasi wisata Bali lainnya. Beberapa hotel bintang 5 yang berlokasi di Seminyak adalah Villa Teko, The Dusun, W Bali – Seminyak Retreat & Spa, dan The Oberoi Bali. Sebagian hotel dan resort mewah di Seminyak memiliki pantai pribadi yang hanya boleh digunakan oleh tamu hotel sehingga privasi, ketenangan, dan kenyamanan para tamu akan lebih terjaga. Kawasan Seminyak juga terkenal sebagai pusat spa mewah di Bali.

5. Nusa Dua
Nusa Dua merupakan salah satu destinasi wisata pantai terpopuler di Bali. Daya tarik utama dari kawasan ini adalah banyaknya hotel dan resort eksklusif bintang 5 yang bertaraf internasional. Contoh hotel dan resort internasional di Nusa Dua adalah Resor St. Regis Bali dan The Bale. Nusa Dua juga menjadi lokasi dari pusat wisata water sport di Bali, Tanjung Benoa. Di Tanjung Benoa, wisatawan bisa mencoba berbagai jenis wahana air mulai dari jet ski, banana boat, parasailing, wake board, snorkeling, dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Penyu yang menjadi habitat dari kura-kura, jalak bali, ular, dan beberapa jenis satwa lainnya.

Transportasi di Bali

Jalur Udara
Bandara Internasional Ngurah Rai menjadi pintu gerbang utama untuk keluar masuk Bali. Terletak di wilayah Tuban, lokasi Bandara Ngurah Rai cukup dekat dengan tempat-tempat wisata menarik di Bali seperti Pantai Kuta dan Jimbaran. Bandara Ngurah Rai tercatat sebagai bandara tersibuk ke-3 di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta dan Juanda. Namun, bandara utama Bali ini memiliki jumlah kedatangan wisatawan mancanegara terbesar di Indonesia.

Bandara Ngurah Rai

Bandara Ngurah Rai

Jalur Darat
Untuk berkeliling wilayah Bali, ada beberapa alat transportasi yang bisa digunakan yaitu taksi, bus umum, wisata, bemo, atau mobil dan motor rental. Taksi menjadi salah satu alat transportasi terfavorit di Bali. Selain mudah didapat, taksi cenderung lebih nyaman dan praktis dibanding alat transportasi lainnya. Tarifnya pun cukup rasional yaitu sekitar Rp5.000 untuk menit pertama dan Rp2.500 untuk setiap kilometer berikutnya.

Seperti halnya destinasi wisata populer lainnya di dunia, terkadang ada oknum supir taksi nakal yang berusaha mendapatkan untung lebih dari wisatawan. Caranya bermacam-macam misalnya menolak menggunakan argo, membawa penumpang berputar-putar, atau berpura-pura tersesat. Blue Bird merupakan salah satu operator taksi dengan reputasi paling baik di Bali dan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Bus juga bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling Bali. Ada 2 jenis layanan bus di Bali yaitu bus umum dan bus wisata. Bus umum dapat ditemukan di hampir seluruh kawasan Bali dengan harga terjangkau. Namun, semakin padatnya kondisi lalu-lintas Bali serta banyaknya jumlah penumpang yang naik menyebabkan layanan bus umum di Pulau Dewata menjadi lebih lambat dan kurang nyaman. Jika ingin pelayanan yang lebih cepat dan nyaman, tersedia bus-bus wisata yang populer di kalangan backpacker dan wisatawan kelas menengah di Bali.

Jika datang secara rombongan, lebih baik menggunakan fasilitas rental mobil di Bali. Mobil rental bisa disewa hingga 12 jam sehari dengan tarif berkisar antara Rp300.000-Rp500.000 termasuk biaya jasa supir. Tak cuma mengantar jemput wisatawan, sang supir juga bisa merangkap sebagai tour guide yang memberi informasi mengenai tempat-tempat menarik di Bali serta bagaimana cara menghindari jebakan dan pemerasan dari oknum nakal di tempat wisata.

Malas menghadapi kemacetan lalu-lintas di Bali? Gunakan saja sepeda motor yang bisa disewa di rental-rental motor di berbagai wilayah Bali. Tarif rental motor berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 per hari tergantung jenis motor yang dipilih. Bagi wisatawan yang ingin mengelilingi Bali dengan santai, pilih saja motor-motor matic yang harganya lebih terjangkau. Bagi yang mengutamakan gaya dan kecepatan, silakan sewa motor besar yang terkesan lebih jantan.

Untuk menyewa motor di Bali, wisatawan harus meninggalkan identitas misalnya KTP atau paspor, lalu pemilik rental akan memberikan kendaraan, kunci, beserta fotokopi STNK. Harap diingat bahwa di Bali juga berlaku peraturan mengenakan helm berstandar nasional bagi setiap pengendara dan pembonceng sepeda bermotor. Bagi yang tidak mengenakan helm, siap-siap saja ditilang oleh Pak Polisi.

Image credit Xeviro, alfaneque, Tsung TsenTsan

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com