Inilah 5 Tips Bepergian Bagi Ibu Hamil

Bagi sebagian besar wanita, kehamilan merupakan masa-masa yang paling menyenangkan sekaligus merepotkan. Wanita yang hamil muda cenderung sering merasa mual dan tak enak badan sementara wanita yang hamil tua biasanya lebih cepat lelah karena ukuran si jabang bayi sudah cukup besar. Dalam kondisi hamil, menempuh perjalanan mungkin terasa jauh lebih berat dibanding kondisi normal. Berikut adalah tips perjalanan untuk ibu hamil seperti dilansir agar tetap aman dan nyaman seperti dilansir oleh Bidanku.

5 Tips Perjalanan Bagi Ibu Hamil

1. Periksakan Kehamilan Sebelum Melakukan Perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya ibu hamil melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan mengenai kondisi diri sendiri dan janin. Jika dokter menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan sementara waktu, jangan nekad melanggarnya. Hal tersebut bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan ibu dan jabang bayi.

2. Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat
Waktu yang aman bagi ibu hamil untuk bepergian adalah saat kandungan menginjak usia 14 hingga 28 minggu, dengan catatan tidak ada komplikasi pada kehamilan dan ibu serta janin berada dalam kondisi yang baik. Saat usia kehamilan masih di bawah 14 bulan, kondisi ibu hamil masih tak stabil dan sering merasa mual sehingga perjalanan akan terasa tak nyaman. Sementara itu, saat usia kehamilan sudah lebih dari 28 minggu, guncangan selama perjalanan bisa berakibat kurang baik bagi ibu hamil.

3. Pilih Posisi Paling Nyaman
Duduk diam dalam waktu yang lama selama menempuh perjalanan akan terasa kurang nyaman dalam kondisi normal, terlebih dalam keadaan hamil. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya memilih posisi senyaman mungkin saat melakukan perjalanan. Jika bepergian menggunakan mobil, jangan duduk di bagian belakang karena guncangan akan terasa lebih keras. Kenakan juga pakaian yang nyaman dan menyerap keringat serta sepatu beralas rata.

4. Bawa Bekal Makanan dan Minuman
“Morning sickness” atau rasa mual akibat kehamilan akan semakin terasa di saat perut kosong. Membawa camilan atau makanan kecil bisa mencegah datangnya rasa mual. Namun, pastikan bahwa camilan yang dibawa aman bagi ibu dan jabang bayi. Ibu hamil juga bisa melupakan rasa mual untuk sementara dengan melihat-lihat pemandangan sekitar dan memikirkan hal-hal yang positif.

5. Hindari Perjalanan Laut 
Ibu hamil boleh-boleh saja pergi berlibur ke kawasan pantai untuk menikmati keindahan laut dengan pergi berlibur ke Pulau Bali, Lombok, atau Raja Ampat di Papua. Tapi, usahakan untuk tidak menempuh perjalanan melalui jalur laut. Kapal laut dan alat transportasi air lainnya menghasilkan guncangan yang lebih besar dan sering dibandingkan alat transportasi darat dan udara. Guncangan tersebut tak akan terasa nyaman bagi wanita yang tengah mengandung.

Image credit Helga Weber

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com