5 Hotel Kapsul Unik di Jepang

Hotel kapsul merupakan penginapan unik yang menawarkan koleksi kamar super sempit berbentuk kapsul. Saking sempitnya, tiap kamar di hotel ini hanya bisa menampung satu orang tamu, itupun dalam posisi berbaring. Meski sempit, fasilitas yang disediakan oleh hotel kapsul terbilang lengkap dengan adanya TV, jam alarm, cermin, dan akses internet nirkabel di setiap kamar. Hotel semacam ini hanya tersedia di Jepang dan biasanya menjadi alternatif penginapan bagi karyawan yang pulang terlambat atau ketinggalan kereta terakhir.

Kini, hotel kapsul semakin menjamur di Jepang. Pengunjungnya bukan hanya para karyawan yang ketinggalan kereta atau terlalu mabuk untuk pulang, tetapi juga dari kalangan wisatawan yang penasaran dengan keunikan hotel kapsul. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu sekitar 2.000-4.000 yen (Rp250.000-Rp450.000) per malam. Ingin merasakan pengalaman bermalam yang berbeda di hotel kapsul Jepang? Pilih saja salah satu hotel di bawah ini.

1. Shinjuku Kuyakushomae Capsule Hotel, Tokyo
Shinjuku Kuyakushomae Capsule Hotel terletak di kawasan Kabuchiko, Tokyo. Tiap-tiap kamar di hotel kapsul ini dilengkapi dengan TV dan layanan digital, saluran film, pengering rambut, jubah mandi, perlengkapan mandi serta akses internet nirkabel. Pengunjung bisa mandi di kamar mandi umum yang telah disediakan. Tarif kamar di hotel ini cukup terjangkau mulai dari Rp326.600 per malam dengan waktu check-in pukul 4 sore dan waktu check-out pukul 10 pagi. Sayangnya, hotel ini dikhususkan bagi pengunjung laki-laki.

Shinjuku Kuyakushomae Capsule Hotel

2. Capsule Hotel and Sauna Cosmo Plaza Akabane
Capsule Hotel and Sauna Cosmo Plaza Akabane dapat ditemukan di wilayah Kita, Tokyo. Hotel ini terdiri atas 6 lantai dengan jumlah koleksi kamar mencapai 100 unit. Sesuai dengan namanya, Capsule Hotel and Sauna Cosmo Plaza Akabane memiliki fasilitas spa dan sauna di dalam lingkungan hotel. Namun, tiap-tiap kapsul (kamar) di hotel ini hanya dilengkapi dengan kasur tipis, radio jam, dan lampu. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp349.100 per malam dengan waktu check-in dimulai pukul 3 sore dan waktu check-out pukul 10 pagi. Harap dicatat bahwa hotel ini tidak diperuntukan bagi siapapun yang berusia di bawah 20 tahun.

Capsule Hotel and Sauna Cosmo Plaza Akabane

3. Capsule Hotel and Sauna Ikebukuro Plaza
Capsule Hotel and Sauna Ikebukuro Plaza juga berlokasi di Tokyo, tepatnya di kawasan Toshima. Sama seperti hotel kapsul Akabane, Capsule Hotel and Sauna Ikebukuro Plaza juga memiliki fasilitas pijat dan sauna. Di dalam tiap kapsul disediakan kasur beserta bantal, TV, cermin, serta jam radio. Tarif kamar di Capsule Hotel and Sauna Ikebukuro Plaza tergolong murah mulai dari Rp278.100 per malam dengan waktu check-in mulai jam 3 sore dan waktu check-out jam 10 pagi. Pengunjung yang berusia kurang dari 18 tahun dilarang menginap di properti ini.

Capsule Hotel and Sauna Ikebukuro Plaza

4. New Capsule Hotel Aldebaran
Hotel kapsul yang satu ini terletak di Nishi-shinsaibashi, Osaka, dekat dengan kawasan belanja populer Osaka – Shinsaibashi Shopping Arcade. Hotel yang hanya terdiri dari 1 lantai ini memiliki koleksi 240 kamar tamu. Seperti biasa, kamar-kamar di New Capsule Hotel Aldebaran dilengkapi dengan kasur dan bantal, TV, jam radio, cermin, dan akses internet nirkabel. Tarif hotel ini dimulai dari Rp206.900 per malam, tercatat sebagai salah satu yang termurah di antara hotel kapsul Jepang lainnya. Waktu check-in di New Capsule Hotel Aldebaran mulai dari pukul 5 sore dan waktu check-out pukul 10 pagi. Sebaiknya pengunjung tak membawa kendaraan pribadi karena hotel ini tak menyediakan tempat parkir.

New Capsule Hotel Aldebaran

5. Capsule Hotel Asahi Plaza Shinsaibashi
Sama seperti New Capsule Hotel Aldebaran, Capsule Hotel Asahi Plaza juga berlokasi di kawasan Nishi-shinbaishi, Osaka. Dengan koleksi 441 kamar tamu, hotel ini tercatat sebagai salah satu hotel kapsul dengan jumlah kamar terbanyak. Setiap kamar dibekali dengan fasilitas khas hotel kapsul yaitu kasur, bantal, televisi, cermin, serta jam radio. Tersedia pula fasilitas sauna dan ruang permainan bagi pengunjung yang bosan berbaring di kamar. Tarif Capsule Hotel Asahi Plaza Shinsaibashi mulai dari Rp261.300 per malam dengan waktu check-in mulai pukul 2 siang dan waktu check-out pukul 10 pagi.

Capsule Hotel Asahi Plaza Shinsaibashi

Hotel kapsul mungkin terlihat aneh dan tak nyaman bagi sebagian orang. Namun ternyata, keberadaan hotel kapsul sangat membantu penduduk Jepang yang membutuhkan penginapan sementara namun memiliki dana terbatas. Sebagian orang lainnya malah menganggap hotel kapsul sebagai ide yang unik dan kreatif dalam memanfaatkan lahan yang terbatas.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com