Inilah 10 Negara Terkorup di Dunia

Korupsi menjadi salah satu faktor utama yang menghambat perkembangan suatu negara. Di beberapa negara, korupsi sudah menjadi tradisi yang mendarah daging sehingga sulit untuk diberantas secara tuntas. Tingkat korupsi negara-negara di dunia dibeberkan dalam Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index 2012/CPI 2012) yang dirilis pada Desember lalu. Berikut adalah daftar 10 negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia berdasarkan CPI 2012 seperti dilansir Business Insider.

10 Negara dengan Tingkat Korupsi Tertinggi di Dunia

1. Somalia
Somalia tercatat sebagai negara terkorup di dunia dengan berada di urutan ke 174 dari 174 negara yang tercatat dalam Corruption Perception Index 2012. Negara di bagian barat benua Afrika tersebut nyaris tak memiliki hukum dan dipimpin oleh beberapa kelompok suku yang tersebar di seluruh negeri. Berdasarkan data dari Bank Dunia (World Bank) tahun 2012, pemerintah koalisi Somalia tahun 2009-2010 menerima dana sebesar US$130 juta atau sekitar Rp1,26 triliun, namun penggunaan dana tersebut tidak diketahui secara pasti.

Somalia

Somalia

2. Korea Utara
Meski hanya menempati peringkat kedua, Korea Utara memiliki nilai yang hampir sama dengan Somalia sebagai negara terkorup di dunia. Negara yang hingga saat ini masih berperang dengan Korea Selatan tersebut mendapat nilai 8 dari 100 dan berada di peringkat ke 174 dari 174 negara di dunia. Praktik korupsi telah menggerogoti sistem birokrasi dan politik Korea Utara sejak tahun 1990-an. Sedemikian parahnya tingkat korupsi di negara tersebut hingga tak mungkin rasanya jika ada anggota kepolisian atau birokrasi Korea Utara yang menolak suap.

3. Afghanistan
Afghanistan terperosok ke daftar 3 besar negara terkorup dunia setelah bank terbesar di negara tersebut, Kabul Bank, terlibat skandal penipuan sejak pertama kali berdiri. Sama seperti Somalia dan Korea Utara, Afghanistan mendapat nilai 8 dari 100 dan berada di peringkat ke 174. Korupsi dilakukan oleh hampir seluruh elit politik Afghanistan. Dalam suatu kasus, seorang komandan polisi Nasional di negara tersebut terbukti menyalurkan dana senilai US$3,3 juta (Rp32 miliar) dalam bentuk uang tunai, senjata, dan bahan peledak kepada para pemberontak.

Afghanistan

Afghanistan

4. Sudan
Sudan mendapat nilai 13 dari skala nilai 100 dalam pengukuran tingkat korupsi negara-negara di dunia. Dengan nilai tersebut, Sudan menempati posisi ke 173 dari 174 negara dunia. Meski tercatat sebagai negara termuda di Afrika, Sudan memiliki minyak yang melimpah. Sekitar 98% pendapatan minyak digunakan untuk anggaran pemerintah. Berdasarkan data dari Transparansi Internasional seperti dikutip oleh Business Insider, total uang negara yang hilang akibat korupsi telah mencapai US$4 miliar (Rp38,92 triliun) sejak Sudan memperoleh kemerdekaannya pada tahun 2005.

5. Myanmar
Myanmar atau Burma berada di posisi kelima dengan nilai 15 dari 100. Negara di kawasan Asia Tenggara ini baru terbebas dari kekuasaan militer selama 2 tahun sejak Maret 2011. Sejak saat itu, pemerintah Myanmar terus merancang hukum anti korupsi dan memerintahkan masyarakat untuk melaporkan tindakan suap dan korupsi yang terjadi di sekitarnya. Namun, kebijakan-kebijakan tersebut seolah belum mampu membebaskan Myanmar dari praktik korupsi. Aksi memperkaya diri sendiri banyak terjadi di industri sumber daya alam Myanmar yang mencakup minyak bumi, kayu, dan batu permata.

Aksi Unjuk Rasa di Myanmar

Aksi Unjuk Rasa di Myanmar

6. Uzbekistan
Uzbekistan menjadi satu dari sedikit negara Timur Tengah yang termasuk ke dalam daftar negara terkorup di dunia. Praktik suap menjadi hal yang biasa ditemukan di Uzbekistan. Suap dilakukan kapan saja oleh siapa saja mulai dari guru hingga dokter. Kondisi tersebut diperburuk oleh sistem pemerintahan yang tidak transparan dan pejabat-pejabat elit pemerintah yang tak tersentuh hukum. Uzbekistan memiliki skor 17 dari skala 1-100 untuk mengukur tingkat korupsi suatu negara.

7. Turkmenistan
Menyusul Uzbekistan, ada Turkmenistan yang mencatatkan skor sama yaitu 17 dari 100 dalam tingkat negara terkorup dunia. Berdasarkan Yayasan Warisan (Heritage Foundation) di Turkmenistan, sistem hukum di negara tersebut sangat lemah, sehingga politik Turkmenistan sangat rentan dengan praktik korupsi. Seluruh tanah di Turkmenistan diklaim sebagai milik negara, sementara hak kepemilikan dibatasi. Tak hanya itu, para hakim di negara tersebut juga terkenal mudah menerima suap dan tak kurang mendapat pelatihan di bidangnya.

Turkmenistan

Turkmenistan

8. Irak
Peringkat ke-8 dalam daftar negara terkorup di dunia ditempati oleh Irak. Negara Timur Tengah ini mendapat nilai 18 dari skala nilai 100 dan berada di urutan ke 169 dari total 174 negara. Berdasarkan keterangan dari seorang politisi Irak yang telah diasingkan pada tahun 2009, jutaan dolar di negara tersebut dicuri dan disalurkan kepada kelompok teroris. Beberapa pihak bahkan menyebutkan bahwa akan lebih sulit bagi Irak untuk memerangi korupsi dibanding menjalankan perang sungguhan di negaranya.

9. Venezuela
Venezuela menjadi satu-satunya negara Amerika Latin yang termasuk ke dalam daftar 10 negara terkorup dunia. Negara yang menghasilkan banyak Miss Universe ini harus bergelut mengatasi korupsi sejak tahun 1970-an. Kehadiran Presiden Hugo Chavez yang memenangkan pemilu tahun 1999 dianggap belum mampu memberantas tindak korupsi di negara tersebut. Tak hanya korupsi, aksi kriminal juga dikabarkan mulai sering terjadi di Venezuela.

Venezuela

Venezuela

10. Haiti
Menempati peringkat ke-10, bukan berarti tingkat korupsi di Haiti tidak terlalu parah. Berdasarkan Laporan Hak Asasi Manusia 2011 yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, korupsi telah menyebar ke berbagai level pemerintahan di Haiti. Kondisi tersebut tetap tidak berubah setelah Haiti memilih presiden yang baru pada tahun 2011. Menurut pimpinan Asosiasi Port-au-Prince Bar Stanley Gaston, segala sesuatu adalah uang di Haiti.

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com