Inilah 10 Minuman Ternikmat di Dunia

Minuman menjadi salah satu kebutuhan utama manusia yang bahkan lebih vital dari makanan. Tanpa makanan, manusia bisa hidup hingga 27 hari, namun tanpa air, seseorang hanya mampu bertahan selama 3-5 hari. Seiring dengan perkembangan zaman, minuman berubah fungsi dari sekedar zat untuk menghilangkan haus menjadi media kreasi untuk memanjakan lidah. Berbagai jenis minuman yang kaya rasa dan warna semakin banyak bermunculan. CNN merilis daftar 50 minuman ternikmat dari seluruh dunia. Berikut adalah 10 minuman yang menempati posisi teratas dalam daftar CNN.

10 Minuman Terlezat di Dunia

1. Air Putih
Tak ada yang bisa mengalahkan kesegaran dan manfaat air putih. Minuman murni ini cocok diminum kapan saja, saat cuaca dingin maupun panas, sebelum atau sesudah makan, ketika bangun tidur dan sebelum tidur, dan dapat diperoleh di mana saja. Air putih menjadi bahan dasar dari berbagai jenis minuman serta menjadi salah jenis minuman yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi. Minuman bervitamin dan berion tinggi sekalipun tak bisa dikatakan lebih baik dari air putih.

2. Coca-cola
Coca-cola tercatat sebagai minuman berkarbonasi terpopuler di dunia. Pada tahun 2008, minuman ringan asal Amerika Serikat ini dikonsumsi sebanyak 680 ons per kapita per tahun secara global. Dahulu, Coca-cola merupakan minuman pereda sakit kepala yang dianjurkan oleh para dokter. Sekarang, sekaleng Coca-cola dingin merupakan teman yang tepat bagi camilan seperti kentang goreng, keripik, gorengan dan berbagai jenis snack kemasan.

3. Kopi
Sebagai salah satu minuman terpopuler di dunia (selain air putih dan teh), kopi menjadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap pagi bagi sebagian penduduk global. Minuman berwarna gelap ini kabarnya berasal dari Ethiopia di benua Afrika. Kopi memiliki penggemar setia ketika disajikan pahit ataupun manis. Kandungan kafein pada kopi dipercaya mampu menghilangkan kantuk, menjernihkan pikiran dan mengurangi resiko penyakit jantung, kecuali dikonsumsi secara berlebihan.

4. Bir
Masuknya bir dalam daftar 10 besar minuman ternikmat di dunia bisa menjadi hal ofensif bagi kaum non-Muslim. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa minuman hasil fermentasi jelai (barley) ini memiliki banyak sekali penggemar di berbagai belahan dunia. Bir disebut-sebut sebagai minuman paling pas untuk menemani hidangan lezat khas Italia, pizza. Bir juga menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih.

5. Teh
Teh tidak hanya lezat tetapi juga berkhasiat bagi tubuh. Terbuat dari daun kehijauan dengan wangi yang khas, teh mampu menenangkan pikiran dan menghadirkan suasana santai. Teh dipercaya berasal dari daratan Cina, namun minuman ini menjadi amat populer di berbagai belahan dunia. Kini, negara-negara di dunia terus mengembangkan variasi teh sesuai dengan kegemaran masing-masing hingga munculah teh tarik di India, teh hijau di Jepang, dan po cha (teh mentega) di Tibet.

Teh Tarik (Teh Susu)

6. Air Mata Kucing
Nama Air Mata Kucing mungkin masih asing di sebagian besar negara dunia, namun tidak untuk kawasan Asia Tenggara. Air Mata Kucing adalah minuman khas Malaysia yang terbuat dari sari buah lengkeng dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Selain lezat, minuman yang satu ini dipercaya mampu menurunkan panas dalam dan mengembalikan kebugaran tubuh. Dihidangkan dingin dengan es batu, Air Mata Kucing menjadi minuman pelepas dahaga ternikmat di kala panas.

7. Jus Jeruk
Jus jeruk yang memberikan sensasi rasa asam manis yang segar digemari oleh anak-anak maupun dewasa di seluruh dunia. Dengan tambahan sedikit gula, jus jeruk menjadi minuman favorit saat beristirahat di tepi pantai atau kolam renang. Tanpa tambahan gula, jus jeruk adalah minuman tepat bagi kaum hawa yang sedang frustasi karena berat badan. Jus jeruk yang pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat bisa dibilang sebagai raja dari berbagai jus buah segar.

8. Anggur Merah (Red Wine)
Anggur merah atau red wine berhasil mengamankan posisi ke-8 dengan penampilannya yang cantik dan rasa yang kuat. Minuman fermentasi dari buah anggur merah ini pertama kali diproduksi di Georgia sekitar 8.000 tahun yang lalu. Kelezatan anggur merah membuat minuman ini tersebar dengan cepat ke berbagai benua.

9. Gin dan Tonik
Gin dan Tonik dulunya diperkenalkan di Inggris sebagai obat Malaria. Kandungan buah kina pada minuman keras tersebut memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau mencegah Malaria yang tengah mewabah di daratan Eropa. Lama-kelamaan, minuman khas Inggris ini berubah fungsi menjadi teman sempurna untuk menghabiskan sore hari.

10. Cokelat Panas dan Marshmallow
Manis, hangat, dan lembut adalah kesan-kesan kuat yang ditinggalkan minuman cokelat panas dan marshmallow khas Amerika Serikat. Pagi hari di musim dingin di AS akan terasa hangat ketika kita mengkonsumsi minuman kental kecoklatan ini. Wangi cokelat yang sedap ditambah sensasi sentuhan lembut di lidah saat meminum cokelat panas dan marshmallow membawa keceriaan di tengah udara dingin yang menusuk tulang.

Image credit Filippo Diotalevi

Tertarik? Segera susun rencana jalan-jalanmu dan jangan lupa pesan hotelnya di VoucherHotel.com